Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN). (Antara-Rahmad)

Solopos.com, KUDUS — Kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diterima Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dari pemerintah pusat, khususnya untuk formasi guru, dinilai masih kurang. Kebutuhan tenaga pendidik saat ini mencapai seribuan orang lebih, sedangkan formasi yang disediakan hanya 382.

"Dari formasi sebanyak itu, untuk formasi tenaga pendidik hanya 314 posisi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo di Kudus, Jawa Tengah, Senin (11/11/2019). Formasi itu meliputi formasi khusus dengan 16 posisi dan formasi umum 298 posisi.

Berdasarkan catatannya, kebutuhan tenaga pendidik di Kabupaten Kudus hingga kini mencapai 3.675 orang, sedangkan yang tersedia saat ini baru 2.636 guru. Dengan kata lain, Kudus masih kekurangan 1.039 orang guru.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kudus Catur Widyatno membenarkan bahwa formasi CPNS 2019 untuk Kabupaten Kudus sebanyak 382 posisi saja. Untuk formasi khusus, kata dia, tersedia 27 posisi, meliputi tenaga pendidik 16 posisi, tenaga teknis tujuh posisi, dan tenaga kesehatan empat posisi.

Pengisian formasi tersebut terbuka bagi lulusan terbaik dengan 18 posisi dan penyandang disabilitas sembilan posisi. Sementara itu, kesempatan terbanyak dibuka dari jalur umum dengan 355 posisi. Jumlah terbanyak untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik sebanyak 298 posisi, tenaga kesehatan 16 posisi, dan tenaga teknis 41 posisi.

Pengumuman pendaftaran dimulai dibuka Senin (11/112019), sedangkan pendaftarannya dilakukan secara online melalui website portal pendaftaran SSCASN pada alamat https://sscasn.bkn.do.id dan mengirim semua dokumen pendaftaran yang telah diunggah dalam portal pendaftaran kepada bupati Kudus. Sedangkan pengiriman berkas pendaftarannya dimulai Selasa (12/11).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten