SOLOPOS.COM - Ilustrasi permakaman (JIBI/Solopos/Dok/)

Solopos.com, SOLO – Sekitar 600 makam di Permakaman Mipitan, Semanggi, Pasar Kliwon, segera direlokasi. Relokasi tersebut dilakukan lantaran lahan permakaman segera menjadi taman cerdas.

Kabid Permakaman Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Bambang Jendro, mengatakan dari pendataan awal terdapat sekitar 600 makam berada di lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan taman cerdas. Pihaknya memperkirakan luas lahan tersebut mencapai 800 meter persegi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini kami lakukan pembersihan semak-semak dulu. Ketika sudah bersih, kami lakukan identifikasi makam. Dari pendataan awal ada sekitar 600 makam,” terangnya saat ditemui di Permakaman Mipitan, Jumat (8/11/2013).

Dijelaskannya, hasil identifikasi kembali tersebut bakal menjadi bahan sosialisasi ke para ahli waris. Proses pemindahan makam, lanjutnya, bakal dilakukan pertengahan November ini.

“Kalau proses sosialisasi sudah berjalan lama sejak 2010. Dulu sempat ada wacana tempat ini menjadi kantor kelurahan. Tetapi, kemarin diputuskan jadi taman cerdas,” terangnya.

Terkait lokasi pemindahan, pihaknya menyebut makam-makam dipindah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Daksinoloyo. “Untuk yang sudah diketahui ahli waris, bisa saja dipindahkan sesuai keinginan para ahli waris,” jelas dia.

Disinggung soal pembersihan makam, Bambang menuturkan selain dimaksudkan untuk memudahkan identifikasi, pembersihan itu dilakukan guna menjamin kemanan petugas. “Ini untuk keamanan saja. Takutnya saat pelaksanaan nanti ada ular atau ulat yang mengganggu,” urainya.

Salah satu warga, Sri Mulyono, mengakui kondisi makam yang sudah lama tak aktif tersebut rawan terdapat binatang liar seperti ular. “Memang banyak ularnya. Ini sudah lebih dari 10 tahun tidak dimanfaatkan dan kondisinya penuh dengan semak-semak seperti ini,” urainya.

Dirinya mengakui memiliki keluarga yang pernah dimakamkan di tempat tersebut. “Saat pengumuman pertama itu sudah saya pindahkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya