Tutup Iklan

Kuartal II 2021, Perekonomian Jateng Tumbuh 5,66%

Berdasar data Badan Pusat Statisik, perekonomian Jawa Tengah (Jateng) mulai mengalami perkembangan positif di masa pandemi Covid-19 ini.

 Penjaga stan Pameran Produk Unggulan UMKM di Semarang, melayani calon konsumen Jumat (7/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

SOLOPOS.COM - Penjaga stan Pameran Produk Unggulan UMKM di Semarang, melayani calon konsumen Jumat (7/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Solopos.com, SEMARANG — Perekonomian Jawa Tengah (Jateng) mulai mengalami perkembangan positif di masa pandemi ini. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statisik (BPS), Kamis (5/8/2021), ekonomi Jateng pada kuartal II 2021 ini mengalami pertumbuhan sekitar 5,66%.

Sejak kuartal II 2020, perekonomian Jateng memang mengalami kontraksi imbas dari pandemi Covid-19. Bahkan mengalami minus 5,91%. Namun kondisi itu lambat laun mulai membaik. Berdasarkan data BPS, beberapa sektor usaha mengalami peningkatan dan menyumbang pertumbuhan ekonomi di Jateng.

Pertumbuhan tertinggi dicatatkan sektor usaha transportasi dan pergudangan yang tumbuh 85,43%. Padahal, tahun lalu sektor transportasi paling terdampak, hingga mengalami kontraksi hingga minus 62,95%.

Baca juga: Purwokerto dan Cilacap Tercatat Alami Inflasi Pada Juli 2021

Dampak itu disebabkan adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada awal pandemi Covid-19. Tahun ini, pemerintah sebenarnya juga menerapkan pembatasan pergerakan orang melalui moda transportasi melalui pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Meski demikian, efek PPKM itu tidak terlalu terasa pada lapangan usaha transportasi dan dianggap tidak seketat PSBB. Terbukti jumlah penumpang angkutan udara maupun angkutan laut, tak terkecuali di Jateng mengalami peningkatan dari tahun lalu.

Hal ini terlihat data BPS yang menyatakan jumlah penumpang pesawat dari Jateng pada April-Juni mencapai 197.827 orang, atau naik sekitar 23% dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yakni 44.406 orang.

Baca juga: BPS Sebut Indonesia Telah Keluar dari Resesi, Ini Indikatornya

Perekonomian Jateng Tumbuh

Serupa juga terjadi di moda transportasi laut. Jumlah penumpang angkutan laut di Jateng pada April-Juni 2021 tercatat sekitar 48.975 orang, atau naik sekitar 21,7% dari periode yang sama tahun lalu, yakni 10.640 orang.

Total hampir semua sektor usaha mengalami pertumbuhan positif dan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan perekonomian Jateng. Sektor usaha perdagangan eceran dan besar, reparasi mobil dan sepeda motor menyumbang pertumbuhan ekonomi 1,77%.

Kemudian sektor transportasi dan pergudangan berkontribusi 1,18%, dan industri pengolahan sekitar 1,02%. Meski demikian, masih ada sektor yang mengalami kontraksi. Sektor itu yakni lapangan usaha di bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan yang mengalami minus 0,81%.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Bagi yang pernah ke Slawi, pasti ada rekomendasi dari penduduk setempat tentang Es Lontrong yang dapat melepaskan dahaga saat sedang haus.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.

Profil Wali Kota Tegal Dedy Supriyono, Pionir Lockdown di Jawa Tengah

Wali Kota Tegal yang baru menjabat sejak 2019 ini menjadi sorotan karena menjadi Kepala Daerah pertama di Jawa Tengah yang menerapkan Lockdown saat pandemi Covid-19 mulai merebak pada tahun 2020 lalu.

3CM FKIP UKSW Serahkan Amongkrissa kepada SMP Kristen 01 Solo

3CM Center FKIP UKSW Salatiga menggelar kegiatan “3CM Berbagi” yang dilakukan dengan penyerahan aplikasi Amongkrissa.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Sejumlah Event Besar bakal Digelar di Borobudur, Vaksinasi Dipercepat

Pemprov Jawa Tengah akan mempercepat cakupan vaksinasi di kawasan Candi Borobudur karena sejumlah agenda atau event wisata bakal digelar.

Rumah Kamera Borobudur, Bisa Swafoto Bersama ‘Presiden Jokowi’ Hlo!

Di Rumah Kamera ini, pengunjung bisa dengan leluasa berswafoto dengan Presiden Ri yang akrab disapa dengan Jokowi ini dalam bentuk replika yang terlihat seperti sosok presiden yang nyata.

Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga Keturunan Raja Mataram

Bupati Tiwi adalah keturunan dari Kyai Arsantaka yang bernama kecil Arsakusuma, pendiri Kabupaten Pubalingga sekaligus leluhur raja-raja Mataram Islam.

Sempat Viral, Video Harimau di Kedungjati Grobogan Ternyata Hoaks

Video seekor harimau besar sedang berada di kawasan hutan sempat beredar di media sosial dan WhatsApp Group (WAG) di Kabupaten Grobogan

Gelar JDC 2021, AMSI Jateng Ingin Tahu Arah Dunia Digital ke Depan

JDC 2021 merupakan salah satu sumbangsih AMSI Jawa Tengah untuk bicara terkait seperti apa arah industri digital ke depan.

Achmad Husein, Bupati Banyumas yang Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Achmad Husein adalah Bupati Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang mendapatkan gelar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Adipati Purbowinoto dari Kesunanan Surakarta.

Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Cilacap, Presiden Jokowi Ingatkan Warga Taat Prokes

Presiden Jokowi mengingatkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

Waduh! 9 Daerah di Jateng Endemis Penyakit Kaki Gajah, 6 di Pantura

Sembilan kota dan kabupaten di Jawa Tengah tercatat menjadi daerah endemis filariasis atau dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Banyak Anak Jateng yang Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19, Jumlahnya Bikin Sedih

Perlu adanya sinergi berbagai potensi masyarakat untuk menyelamatkan masa depan anak-anak terdampak Covid-19.