SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Harga jual gabah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pekan ini, anjlok menyusul kualitas tanaman padi yang juga mengalami penurunan akibat masih diguyur hujan.

“Saat ini, harga jual gabah di pasaran berkisar Rp430.000 per kuintal atau lebih rendah dibandingkan dengan sebelumnya bisa mencapai Rp500.000 lebih per kuintal,” kata Sulkan, salah seorang petani Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (23/3/2019).

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Dari harga jual Rp500.000/kuintal, kata dia, memang sempat turun sedikit, kemudian sekarang turun kembali menjadi Rp430.000/kuintal. Selain faktor cuaca, kata dia, petani juga kesulitan menjemur gabah hasil panennya karena masih tingginya curah hujan.

“Jika tidak segera dijemur, tentunya kualitas gabahnya juga akan menurun sehingga harga jualnya ketika diproses menjadi beras juga turun,” ujarnya. Bahkan, imbuh dia, saat ini banyak tanaman padi milik petani juga banyak yang roboh akibat hujan yang disertai angin kencang.

Hal itu, kata dia, berdampak pada harga jual gabahnya karena kualitasnya menurun akibat tingginya kandungan air. Untuk produktivitas tanaman padi di Desa Tanjungkarang, kata dia, berkisar 6 ton lebih karena mayoritas sawah tadah hujan.

Akrab, petani lain asal Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus mengakui harga gabah saat ini memang menurun. Jika sebelumnya bisa mencapai Rp520.000/kuintal, kata dia, saat ini menurun menjadi Rp330.000/kuintal.

Hal itu, lanjut dia, disebabkan karena cuaca yang masih sering turun hujan sehingga berdampak pada kualitas gabahnya semakin menurun. Ia mengaku beruntung bisa panen lebih awal, sekitar bulan Februari 2019 sehingga harga jualnya masih mencapai Rp500.000/kuintal.

“Meskipun petani yang panen sekarang tidak seberuntung yang panen lebih awal, petani masih bisa untung,” ujarnya.

Biaya operasional petani untuk setiap hektarnya, kata dia, berkisar Rp10 jutaan, sedangkan hasil penjualan gabahnya bisa mencapai Rp20-an juta lebih, disesuaikan dengan produktivitas dan kualitasnya. Jika petani bisa tanam sesuai jadwal, yakni bulan September 2019, maka petani dipastikan bisa untung lebih besar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya