KUALIFIKASI PIALA THOMAS UBER: Thailand Jadi Tantangan Berat
MELAJU -- Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto, berusaha mengembalikan bola ke arah lawannya, pebulutangkis tunggal putra Singapura Chao Huang, saat bertanding pada babak kualifikasi grup B Piala Thomas 2012 Zona Asia di Macau, China, Selasa (14/2). Tim Thomas Indonesia menang atas tim Thomas Singapura dengan skor 5-0. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

MACAU - Tim Piala Uber Indonesia kembali memetik kemenangan 5-0 atas Kazakhstan, Selasa (14/2/2012). Namun, para Srikandi Merah Putih baru akan menemui ujian sesungguhnya saat mereka berhadapan dengan Thailand, Rabu (15/2/2012).

MELAJU -- Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto (kiri) berusaha mengembalikan bola ke arah lawannya, pebulutangkis tunggal putra Singapura Chao Huang, saat bertanding pada babak kualifikasi Grup B Piala Thomas 2012 Zona Asia di Macau, China, Selasa (14/2/2012). Tim Thomas Indonesia menang atas tim Thomas Singapura dengan skor 5-0. (JIBI/SOLOPOS/Antara)
Pertarungan memperebutkan gelar juara Grup Y ini diperkirakan akan berlangsung sengit. Kedua negara bakal berjuang mati-matian untuk menang agar terhindar dari Tim China pada babak perempat final nanti. Pertemuan tim putri Indonesia kontra Thailand sekaligus ulangan partai final SEA Games 2011. Pada ajang pesta olahraga se Asia Tenggara itu, Tim Negeri Gajah Putih mengukuhkan kemenangan 3-1 atas Indonesia.

“Pemain ganda Thailand memiliki tipe permainan yang cepat. Baik Greysia/Meli atau Anneke/Nitya bisa dibilang lebih unggul dari segi permainan, saya rasa kedua negara memiliki peluang yang seimbang” jelas pelatih ganda putri, Aryono Miranat, seperti dilansir pb-pbsi.org.

Di nomor tunggal, Adriyanti Firdasari yang kemungkinan besar akan diturunkan sebagai tunggal pertama, mengatakan cukup optimis bisa mengatasi Thailand. “Saat ini kami ingin fokus menghadapi Thailand, karena mereka merupakan lawan yang paling berat di Grup Y,” lanjut peraih medali perak tunggal putri perorangan SEA Games 2011.

Di pertandingan melawan Kazakhstan, Firda membuka poin kemenangan dengan mengalahkan Veronika Sorokina, 21-9, 21-11. Poin kedua disumbangkan Linda Wenifanetri yang menghentikan perlawanan Karina Suleyeva dalam dua set langsung 21-4, 21-10. Kemenangan Indonesia atas Kazakhstan ditentukan Bellaetrix Manuputty yang turun sebagai tunggal ketiga. Bella menundukkan Ilyana Filipchuk, 21-7, 21-4. Dua ganda putri yang tampil di partai selanjutnya turut menyempurnakan kemenangan Indonesia. Greysia Polii/Meiliana Jauhari mengalahkan Veronika Sorokina/Karina Suleyeva, 21-7, 21-12.

Sementara itu, menghadapi Indonesia, Thailand akan mengandalkan sektor tunggal. Dengan dimotori penyandang gelar tiga kali Juara Dunia Junior, Ratchanok Intanon, Thailand menyatakan siap bertarung melawan Indonesia. “Besok akan menjadi pertarungan yang menentukan untuk tim kami, melawan Indonesia bukanlah hal yang mudah, karena Indonesia memiliki pemain yang bagus-bagus,” kata Ratchanok.

Di bagian putra, Indonesia memetik kemenangan mudah 5-0 melawan Singapura di Grup B. Seperti dilansir tournamentsoftware.com, Simon Santoso yang maju di nomor tunggal pertama mengandaskan Zi Liang Derek Wong 21-9, 21-12. Bona Septano/Mohammad Ahsan menghancurkan pasangan tenis Zhao Jiang Terry Yeo/Liu Yi 21-14, 21-16. Kemenangan Indonesia ditentukan Taufik Hidayat setelah mengempaskan Yong Zhao Aston Chen 21-16, 21-12. Markis Kido/Hendra Setiawan yang bermain di pertandingan keempat juga menang atas Yew Loong Jonathan Tang/HC Jeffery Wong 21-14, 21-14. Tommy Sugiarto menundukkan Chao Huang 21-14, 21-8.

JIBI/SOLOPOS/Hanifah Kusumastuti



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom