Cristiano Ronaldo (Reuters/Valentyn Ogirenko)

Solopos.com, PORTUGAL - Timnas Portugal berambisi meraih kemenangan saat menjamu Lithuania pada laga kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio Do Algarve, Portugal, Jumat (15/11/2019) pukul 02.45 WIB. Kemenangan menjadi harga mati untuk memastikan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020.

Sayangnya, Portugal harus berjuang lebih keras. Sejumlah pemain pilar tak bisa diturunkan sang pelatih, Fernando Santos, karena mengalami cedera saat membela klub mereka masing-masing.

Duo penyerang Portugal, Goncalo Guedes dan Joao Felix sama-sama absen karena cedera pergelangan kaki. Gelandang Everton, Andre Gomes, juga dipastikan absen karena patah kaki saat timnya berjumpa Tottenham Hotspur di Liga Premier Inggris beberapa waktu lalu. Ia akan absen dari lapangan untuk waktu yang lama.

Gelandang lain yang dimiliki Portugal. Joao Mario juga absen karena cedera. Lini pertahanan sisi kanan juga terancam sedikit keropos karena bek kanan andalan Portugal, Nelson Semedo, mengalami masalah serupa.

Beruntung, Portugal masih memiliki Cristiano Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 itu menyokong empat gol dalam kemenangan 5-1 pada perjumpaan terakhir kedua tim pertengahan September lalu. Ia juga telah mencetak setengah dari 14 gol yang dicetak negaranya selama babak kualifikasi Piala Eropa 2020.

Ronaldo dipastikan menjadi tumpuan tim berjuluk Selecao das Quinas tersebut. Kegarangan nya di mulut gawang dipastikan menjadi momok mengerikan bagi lini belakang Lithuania.

Striker Portugal, Goncalo Paciencia, menyebut keberadaan Ronaldo di tim menjadi indikasi kuat sang pemain bisa dimainkan. Hal itu ia sampaikan untuk menjawab pertanyaan seputar kondisi Ronaldo yang meninggalkan lapangan karena diduga cedera saat Juventus bertemua AC Milan di Serie A Italia beberapa hari lalu.

"Ronaldo? Sayangnya, saya tidak memiliki gelar medis. Jika dia ada di sini, itu berarti dia bisa bermain. Ini pertama kalinya saya bersamanya, jadi saya tidak bertanya bagaimana dia langsung. Dia adalah yang terbaik di dunia, dan jika dia ada di sini berarti dia 100%," kata Paciencia dilansir dari Calciomercato, Selasa (12/11/2019).

Portugal untuk sementara menjadi runner up di klasemen grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan poin 11. Mereka dibayangi Serbia yang berada di posisi ketiga dan hanya berjarak satu poin alias mengumpulkan poin 10 dari enam laga. Sementara pemuncak klasemen sementara, Ukraina tak terkejar dengan torehan poin 19 dari tujuh laga yang sudah mereka lakoni.

Di sisi lain, Lithuania adalah tim yang menjadi bulan-bulanan di grup B. Mereka baru mengantongi satu poin hasil dari enam kekalahan dan satu kali imbang selama fase penyisihan grup. Tim tersebut juga mencatatkan rekor mengerikan dengan kemasukan 19 gol dan hanya mampu mencetak lima gol.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten