Hungaria Vs Kroasia (Reuters-Bernadett Szabo)

Solopos.com, BUDAPEST — Ambisi Timnas Kroasia untuk lolos otomatis ke ajang Euro 2020 tampaknya mulai mengalami kendala besar. Setelah hanya menang tipis 2-1 atas Azerbaijan di laga perdana Kualifikasi Grup E Euro 2020, finalis Piala Dunia 2018 itu takluk 1-2 oleh Hungaria dalam lanjutan kualifikasi di Stadion Groupama, Budapest, Senin (25/3/2019) dini hari WIB.

Hasil itu membuat persaingan di Grup E makin terbuka setelah di laga lain Wales mampu menundukkan Slovakia dengan skor 1-0 di Cardiff. Empat tim yakni Slovakia, Wales, Hungaria dan Kroasia kini sama-sama mengemas tiga poin. Bedanya, Wales baru sekali tampil sedangkan tiga tim lain sudah dua kali bermain.

Slovakia sementara berada di puncak klasemen dengan keunggulan produktivitas gol, adapun Kroasia tertahan di peringkat ketiga. Peta persaingan itu tentu berbahaya bagi Vatreni, julukan Kroasia, karena hanya ada satu tim yang akan lolos langsung ke Euro 2020.

Penampilan Kroasia pascaditinggal para bintangnya seperti Mario Mandzukic dan Danijel Subasic memang belum cukup memuaskan. Saat melawan Hungaria, mereka hanya mampu melepaskan satu shot on target meski mendominasi penguasaan bola (60%). Bandingkan dengan Hungaria yang sukses mencatat lima tembakan tepat sasaran. Padahal saat itu Kroasia diperkuat para bintang yang absen di laga perdana seperti Marcelo Brozovic

Anak asuh Marco Rossi itu juga memiliki mental baja setelah mampu membalikkan kedudukan setelah tertinggal 0-1 lewat gol striker Kroasia, Ante Rebic di menit keenam. Hungaria yang sebelum Euro 2016 tak pernah tampil di ajang bergengsi itu selama 30 tahun membalas dengan gol Adam Szalai dan Mate Patkai. Itu adalah gol perdana Patkai dalam kariernya bersama Timnas

Beberapa jam sebelumnya, Wales juga membuat kejutan dengan menjungkalkan Slovakia 1-0. Padahal saat itu Pelatih Ryan Giggs tengah berjudi dengan menurunkan banyak pemain minim pengalaman timnas. Hanya ada tujuh pemain yang dipanggil Giggs yang punya caps lebih dari 10. Winger 21 tahun asal Swansea City, Daniel James, pun menjadi bintang dalam debutnya sebagai starter lewat gol di menit kelima.

“Saya puas karena keseluruhan penampilannya luar biasa. Dia mampu membawa performanya di klub ke laga internasional,” ujar Giggs seperti dilansir Independent. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten