SOLOPOS.COM - Pemain Inggris, Jack Wilshere dan Rooney merayakan goal kemenangan mereka atas Slovenia. Ist/Rtr

Kualifikasi Piala Eropa 2016 diwarnai dengan kemenangan Inggris saat melawan Slovenia. Tiga Singa jaga kesempurnaan.

Solopos.com, LJUBLJANA— Inggris melanjutkan aksi sapu bersih di babak kualifkasi Euro 2016 Grup E dengan mendulang kemenangan keenam, Minggu (14/6/2015) malam WIB.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Kali ini, tim berjuluk Tiga Singa itu menjadikan Slovenia sebagai korban mereka. Berlaga di partai tandang, anak asuh Roy Hodgson lebih dulu tertinggal sebelum akhirnya berbalik unggul 3-2 di akhir laga.

Dalam pertandingan di Stadion Stozice, Ljubljana, Slovenia, itu Inggris memetik keunggulan melalui gol-gol Jack Wilshere (dua gol) dan Wayne Rooney yang seluruhnya diukir di babak kedua. Sementara itu, dua gol Slovenia dilesakkan Milivoje Novakovic dan Nejc Pecnik, masing-masing pada menit ke-37 dan ke-84.

Kemenangan atas Slovenia membuat Tiga Singa selalu menang dalam enam laga kualifikasi Grup E sejauh ini. Berbekal torehan impresif itu pula, Wayne Rooney dkk. berada di jalur tepat untuk melenggang ke putaran final Euro 2016 di Prancis, Juni tahun depan. Inggris kukuh di puncak klasemen Grup E dengan nilai 18, unggul enam poin atas Swiss di urutan kedua.

Hasil manis di Slovenia itu membuat Tiga Singa larut dalam suka cita. Manajer Inggris, Roy Hodgson, secara khusus memuji penampilan dua pencetak gol mereka, Jack Wilshere dan Rooney. Di sisi lain, manajer 67 tahun itu membela keputusannya memainkan Jordan Henderson sebagai bek kanan di babak kedua sebelum Nathaniel Clyne dimasukkan sebagai pengganti di lima menit laga tersisa.

“Kami ingin menjaga intensitas serangan. Dia [Henderson] merasa nyaman [dimainkan sebagai bek kanan] di mana hal itu membuat kami bisa memasukkan Lallana. Di sisi lain tim tetap dapat  menjaga daerah pertahanan,” ujar Hodgson seperti dilansir The Independent, Senin (15/6).

Sementara itu, kekalahan dari Inggris membuat Slovenia justru mengalami langkah mundur. Josip Ilicic dkk. kini tercecer di urutan ketiga klasemen grup dengan nilai sembilan, tertinggal tiga angka dari Swiss di urutan kedua atau zona lolos otomatis. Namun, dengan empat laga yang tersisa, semua kemungkinan masih terbuka lebar.

Pelatih Slovenia, Srecko Katanec, mengungkapkan kelemahan di sektor pertahanan menjadi sumber penyebab kekalahan dari Inggris. “Kami hanya lima menit menuju kemenangan sebelum kebobolan gol naif [Wayne Rooney]. Itu adalah kesalahan yang seharusnya hanya terjadi di tim junior dan tidak dalam laga seperti ini,” kata Katanec.

Kekalahan kali ini adalah kali kedua Slovenia gagal mendulang angka melawan Inggris. Dalam pertemuan terdahulu di Stadion Wembley, London, November 2014 lalu, tim asuhan Katanec bertekuk lutut 1-3. Saat itu, gol-gol Tiga Singa dilesakkan Danny Welbeck (dua gol) dan Wayne Rooney. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya