Tutup Iklan
Timnas Indonesia (Pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA - Timnas Indonesia harus melupakan kekalahan 2-3 atas Malaysia, Kamis (5/9/2019) lalu. Mereka wajib menang pada laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 saat berhadapan dengan Thailand di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2019) pukul 19.30 WIB.

Kemenangan tersebut bakal memperpanjang napas Timnas Garuda untuk bersaing di babak penyisihan Grup G. Pasalnya, lawan-lawan yang harus dihadapi bukanlah tim yang mudah.

Secara statistik, Indonesia memang memiliki rekor yang kurang apik saat melawan Thailand. Dalam data yang dilansir oleh Rec.Sport.Soccer Statistics Foundation (RSSSF), Indonesia sudah berhadapan dengan Thailand sebanyak 69 kali. Hasilnya, Thailand menang 36 kali, Indonesia menang 21 kali, dan 12 laga lainnya selesai imbang.

Sedangkan pada lima duel terakhir, Thailand meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan. Laga terakhir kedua tim berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Thailand. Laga itu terjadi pada Piala AFF 2018.

Namun, Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy telah mencari strategi untuk mengalahkan lawan. Salah satunya adalah memanfaatkan informasi dari para penggawa Timnas yang kini merumput di Thailand.

"Mereka membantu (Igbonefo dan Basna), Irfan Bachdim juga. Soal mentalitas gaya permainannya juga. Mainnya mungkin tak beda tapi pelatihnya baru," kata McMenemy, dilansir dari pssi.org, Minggu (8/9/2019).

Di sisi lain, Simon mengakui sangat sulit untuk melupakan kekalahan atas Malaysia pekan lalu. Namun, tim bakal mencoba untuk bangkit agar bisa tampil lebih baik di pertandingan melawan Thailand.

"Besok adalah laga besar, tentu masih susah move on lawan Malaysia. Mungkin masih ada orang yang sedih dan sakit. Tetapi kami profesional. Hidup kami ditentukan menang atau kalah," ujar Simon kepada pewarta di Stadion GBK, Senin (9/9/2019) dilansir dari https://sport.detik.com/sepakbola">detik.com.

Sementara itu, Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, mengatakan tak mempermasalahkan ada pemain Indonesia yang merumput di Thailand dan memberikan informasi kepada rekan setimnya. “Indonesia sangat bagus punya beberapa pemain yang juga bermain di Liga Thailand. Kami tidak bisa mencegah mereka untuk membeberikan informasi mengenai kami,” kata Akira Nishino dilansir dari Fox Sports, Senin.

Akira membeberkan timnya telah siap menghadapi Indonesia. “Kami punya beberapa hari istirahat. Sekarang kami sudah sangat siap menghadapi laga besok. Sekarang kami mencoba membangun skuat yang lebih maksimal dan melakukan penyesuaian. Atmosfer di dalam tim juga sangat bagus,” tutupnya. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten