Kualifikasi Piala Dunia Ditunda, Timnas Indonesia Nganggur di Sisa Tahun 2020
Timnas Indonesia (Antara-Fikri Yusuf)

Solopos.com, JAKARTA — Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia yang rencananya digelar Oktober-November resmi ditunda karena pertimbangan pandemi Covid-19.

Sisa laga kualifikasi akan dijadwalkan ulang tahun depan. Ini artinya Timnas tak memiliki agenda pertandingan resmi hingga pengujung 2020 mengingat Piala AFF juga diundur tahun 2021.

Syarat Sekolah Saat Pandemi Covid-19: Pakai Masker, Sarapan, Dilarang Pinjam Alat Tulis

Seharusnya Timnas memainkan tiga laga sisa kualifikasi melawan Thailand (8/10/2020), Uni Emirat Arab (13/10/2020), dan Vietnam (12/11/2020). Tiga pertandingan itu pun sebenarnya merupakan penundaan karena sedianya digelar Maret-April lalu.

Kini AFC dan FIFA kembali memutuskan menunda sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pandemi virus corona yang belum mereda menjadi alasannya.

“Detail selanjutnya tentang jadwal baru untuk babak selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan dalam kesempatan selanjutnya,” demikian pernyataan AFC dilansir Detik, Rabu (12/8/2020).

Sempat Kabur ke Jogja, Pelaku Penganiayaan Guru Ngaji di Gonilan Sukoharjo Akhirnya Ditahan

Dengan kebijakan itu, Timnas dipastikan tak punya agenda di sisa tahun. Sebelumnya, AFF juga sudah memutuskan menunda gelaran Piala AFF 2020 dengan alasan pandemi.

Rencananya, pesta sepakbola bangsa-bangsa Asia Tenggara itu akan digelar pada April 2021. Timnas sendiri sebenarnya sudah memulai persiapan untuk menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia.

Syarat Sekolah Saat Pandemi Covid-19: Pakai Masker, Sarapan, Dilarang Pinjam Alat Tulis

Irfan Bachdim dkk telah berkumpul di Jakarta sejak 23 Juli dan berlatih di Stadion Madya sejak 7 Agustus. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan.

“Tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Sumber: detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom