SOLOPOS.COM - Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang Belanda. (REUTERS/Michael Kooren)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 akan menyajikan laga Swedia vs Prancis.

Solopos.com, SOLNA — Hanya kalah sekali dari 20 laga yang berlangsung 90 menit. Itulah bekal Timnas Prancis saat melawat ke kandang Timnas Swedia dalam Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2018 Grup A zona Eropa di Friends Arena, Solna, Sabtu (10/6/2017) dini hari WIB. Sebuah statistik yang bakal membuat tim manapun bergidik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terakhir, Paul Pogba dkk. membantai Paraguay 5-0 dalam laga uji coba di Rennes, Prancis, 3 Juni. Waktu itu Olivier Giroud tampil sebagai bintang dengan mencetak hattrick.  Tuah striker Arsenal ini tentu kembali diharapkan saat melawan Swedia, tim yang hanya menelan satu kekalahan di lima laga terakhir mereka.

Laga melawan Blagult, julukan Swedia, menjadi pertaruhan bagi Les Bleus yang kini menghuni puncak klasemen Grup A. Jika meraih tiga poin, Prancis akan semakin di atas angin untuk meraih tiket otomatis PD Rusia.  Sebaliknya, kekalahan akan membuat Les Bleus tergusur oleh Emil Forsberg dkk. Swedia hanya tertinggal tiga poin dari Prancis dengan selisih gol identik, plus tujuh.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, tampaknya akan tetap mempercayai Giroud untuk menggedor pertahanan Swedia yang dikomando Andreas Granqvist. Sejumlah pihak memang sempat mempertanyakan keputusan Deschamps yang memilih Giroud dan meninggalkan striker Real Madrid, Karim Benzema. Namun keputusan itu sukses dijawab Giroud dengan mencetak lima gol dari tiga pertandingan terkini.

“Dia memang tidak bermain terlalu banyak di Arsenal. Namun ketika Anda melihat efektivitasnya [mencetak gol] dibandingkan dengan menit bermain, dia sangat-sangat bagus. Dia adalah pencetak gol kami,” ujar Deschamps kepada L’Equipe seperti dilansir ESPN, Kamis (8/6/2017).

Ketajaman Giroud sebagai ujung tombak akan kembali ditopang trisula Ousmane Dembele, Antoine Griezmann dan Dimitri Payet di laga melawan Swedia. Jika para pemain ini ngadat mencetak gol, Deschamps masih punya supersub seperti Kylian Mbappe dan Alexandre Lacazette.  Prancis juga memiliki pemain termahal di dunia, Paul Pogba, yang bisa menjadi pembeda di tengah lapangan.

“Kadang pemain seperti Paul harus ditekan untuk menunjukkan kualitas yang sebenarnya. Meski bermain sebagai gelandang bertahan, dia adalah pemain nomor delapan yang suka menyerang,” ucap Asisten Pelatih Prancis, Guy Stephan.

Di sisi lain, Prancis tetap harus waspada dengan potensi kejut Swedia. Sebastian Larsson dkk. baru saja membenamkan Portugal 3-2 dalam laga persahabatan di Madeira Maret lalu. Padahal saat itu Swedia turun dengan pemain lapis kedua seperti Viktor Claesson, Christoffer Nyman dan Isaac Thelin. Kali ini, tim asuhan Janne Andersson ini tentu akan mendapat motivasi berlipat lantaran bermain di kandang sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya