SOLOPOS.COM - Timnas Belanda. (REUTERS/United Photos/Toussaint Kluiters)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 akan menyajikan laga Belanda vs Luksemburg.

Solopos.com, ROTTERDAM — Dick Advocaat akan menjalani kesempatan ketiganya melatih Timnas Belanda saat menjamu Luksemburg di Stadion Feijenoord, Sabtu (10/6/2017) dini hari WIB. Butuh poin penuh untuk kembali bersaing di Kualifikasi Piala Dunia (PD) 2018 zona Eropa Grup A, Advocaat siap meninggalkan sepak bola indah khas Tim Oranye.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Advocaat memang digadang-gadang menjadi juru selamat Belanda setelah mereka terpuruk di posisi empat Grup A. Arjen Robben dkk. terpaut enam poin dari Prancis di peringkat satu, posisi yang meraih tiket otomatis ke PD Rusia.  Kemenangan melawan tim lemah Luksemburg akan memperbaiki posisi Belanda sekaligus meningkatkan kepercayaan diri tim menghadapi persaingan ketat di Grup A.

“Ini tugas luar biasa, tantangan luar biasa. [Lolos ke PD] sulit, tapi masih memungkinkan,” ujar Advocaat seperti dilansir ESPN, Rabu (7/6/2017).

Advocaat yang menggantikan Danny Blind seusai Belanda keok 0-2 dari Bulgaria di Kualifikasi PD, Maret, mengaku tak akan mengutamakan permainan cantik untuk kembali ke rel kemenangan. Eks Pelatih Timnas Rusia itu menegaskan hasil akhir saat ini lebih penting bagi Tim Oranye untuk lolos ke Rusia.

“Kami murni bermain untuk hasil. Kami akan melihat situasi pertandingan tapi poin adalah yang terpenting,” ucap dia.

Melihat jadwal pertandingan yang dijalani Belanda, kemenangan atas Luksemburg krusial untuk mengangkat moral Quincy Promes dkk. jelang laga berat melawan Prancis dan Bulgaria. Jika gagal meraih poin penuh atas Luksemburg, kenangan tak lolos ke Piala Eropa 2016 bisa kembali menghantui mereka.

Luksemburg tak bisa sepenuhnya diremehkan karena mereka baru saja menaklukkan Albania 2-1 di laga uji coba awal Juni.  “Ini sesuatu yang harus saya pahami. Segera keluar dari papan bawah dan mempersiapkan diri di laga penting melawan Prancis dan Bulgaria,” kata Advocaat.

Sang pelatih kemungkinan tetap akan mempertahankan skuat yang beberapa waktu lalu menggasak Pantai Gading 5-0. Di bawah kartaker Fred Grim, Belanda saat itu mampu menang lewat gol-gol Joel Veltman, Davy Klaassen, Vincent Janssen dan Arjen Robben.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya