SOLOPOS.COM - Timnas Inggris (Mirror.co.uk)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 menyajikan duel klasik Inggris vs Skotlandia.

Solopos.com, LONDON — Duel klasik Inggris versus Skotlandia di Stadion Wembley, London, Inggris, akhir pekan ini akan terasa semakin spesial karena bertepatan dengan Remembrance Day.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Remembrance Day atau Poppy Day dirayakan penduduk Britania Raya setiap 11 November untuk mengenang pahlawan yang gugur pada Perang Dunia I dan II. Kesebelasan Inggris dan Skotlandia berharap bisa memasang emblem poppy meski berisiko terancam mendapat sanski FIFA terkait larangan memakai simbol yang berbau politik, agama, atau komersial.

Semangat tempur para pemain Inggris versus Skotlandia bakal berlipat ganda di Wembley, Sabtu (12/11/2016) pukul 02.45 WIB. Kali pertama Inggris bertemu Skotlandia pada November 1872 alias 144 silam. Rivalitas panjang hingga hampir satu setengah abad itu yang membuat pertarungan Derby Britania Raya ini selalu memunculkan gairah bagi pendukung kedua tim saat dipertemukan di lapangan.

Pertandingan di Wembley akhir pekan ini menjadi pertemuan kali pertama kedua tim di laga kompetitif sejak  November 1999. Tepatnya ketika Inggris kalah 0-1 dari Skotlandia pada leg kedua playoff Euro 2000. Namun, The Three Lions, julukan Inggris, yang berhak lolos ke putaran final Euro 2000 dengan agregat 2-1.

Jauh sebelum itu, Wembley juga menjadi saksi bisu perseteruan panas Inggris melawan Skotlandia pada turnamen Britis Home Championship pada 1977. Di stadion yang disebut sebagai katedral sepak bola dunia ini pula, Inggris pernah mengalahkan Skotlandia di babak grup Euro 1996 dengan gol memorable dari Paul Gascoigne.

“Tentu kami harus tetap tenang dan fokus. Ini tidak seperti laga lain, di mana jika Anda kalah maka itu tidak masalah, dan Anda tidak bisa mendengar tentang itu terlalu banyak,” jelas striker Inggris, Harry Kane, seperti dilansir BBC, Kamis (10/11/2016).

Inggris akan turun di laga penanda sejarah akhir pekan ini dengan status sebagai pemuncak klasemen sementara Grup F pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa dengan tujuh poin. Sementara Skotlandia tersungkur di posisi keempat dengan tertinggal tiga poin dari Inggris.

Kiper Joe Hart yang didepak Manchester City ke Torino awal musim ini tetap akan menjadi pilihan utama Southgate di bawah mistar gawang The Three Lions. Sementara kapten Wayne Rooney berharap bisa kembali ke starting XI setelah turun dari bangku cadangan saat laga imbang melawan Slovenia. Rooney akan mengisi posisi Dele Alli yang absen karena cedera.

Sebaliknya, Pelatih Skotlandia, Gordon Strachan, akan menjadi bulan-bulanan suporter apabila timnya menelan hasil mengecewakan di Wembley. Dalam pertandingan persahabatan terbaru melawan Inggris, The Tartan Army’s, julukan Skotlandia, menelan kekalahan telak 1-3 di hadapan pendukung mereka, November 2014 silam.

“Saya bicara kepada orang-oreang Inggris dan saya pikir mereka ingin Inggris bermain bagus karena ini cerita yang sama dalam sejarah. Inggris sadar fans mereka akan memberi tekanan  jika mereka tidak mencetak gol lebih dahulu,” ujar winger Skotlandia dan Hull City, Robert Snodgrass, seperti dilansir Worldsoccertalk.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya