SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Skotlandia melakukan latihan. (Reuters / Lee Smith)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 menyajikan duel Inggris vs Skotlandia.

Solopos.com, LONDON — Skotlandia bakal menggunakan jersey warna pink ketika melawat ke markas Inggris, Stadion Wembley, London, Sabtu (12/11/2016) dini hari WIB. Padahal, jersey warna merah jambu itu jarang memberi hoki bagi tim berjuluk The Tartan Army’s tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebenarnya, Skotlandia ingin menggunakan jersey tradisonal mereka dengan dominasi warna biru tua. Akan tetapi, Komisioner Pertandingan FIFA meminta Skotlandia untuk mengganti jersey mereka ketika turun di Wembley. Dengan alasan, warna pada bagian lengan jersey kebanggaan Skotlandia sama dengan dominasi warna jersey kandang milik Inggris, yakni putih.

Sebenarnya hal ini tidak bakal terjadi jika mereka tidak mengganti kombinasi warna jersey kandang pada tahun lalu. Apparel Adidas yang membuat jersey kandang Skotlandia memecah tradisi dengan memilih mengganti bagian lengan kostum The Tartan Army’s menjadi putih alih-alih biru seperti bagian badan. Itulah yang akhirnya memicu persoalan ketika mereka berangkat ke Wembley.

Padahal, jersey pink jarang memberi keberuntungan bagi Skotlandia. Dalam empat pertandingan dengan kostum pink, The Tartan Army’s menelan tiga kekalahan. Meski demikian, Pelatih Skotlandia, Gordon Strachan, tidak mempermasalahkan penggunaan jersey itu. Dia menilai tidak ada hubungannya antara performa tim dengan warna jersey yang mereka pakai pada duel di Wembley nanti.

“Ini tidak soal apa yang kamu pakai. Ini yang ada dalam bajumu yang diperhitungkan. Ini tidak mengenai apa yang Anda bicarakan sebelum pertandingan, ini apa yang Anda lakukan di lapangan yang menjadi perhitungan. Jadi, baju, propaganda, itu tidak ada artinya sama sekali. Ini apa yang bisa Anda dapat di lapangan, apakah Anda sebuah tim? Apakah Anda pemain bagus? Apakah Anda ingin menerima tantangan?,” jelas Strachan, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (9/10/2016).

Kapten Skotlandia, Darren Fletcher, ikut berkomentar mengenai pemakain jersey ini. “Di akhir hari, ini masih Skotlandia dengan kostum pink dan itu masalahnya. Sekali main itu tidak masalah dengan warna yang Anda pakai, karena itu mempresentasikan negara Anda,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya