SOLOPOS.COM - Brasil diunggulkan meraih kemenangan atas Peru (Reuters/Edgar Su)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 diwarnai dengan Brasil yang tak bisa diperkuat Neymar.

Solopos.com, ASUNCION — Brasil dalam kondisi pincang menyambut laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Paraguay di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion, Rabu (30/3/2016) pagi WIB. Tim Samba kehilangan pemain bintang sekaligus kapten mereka, Neymar, yang terkena sanksi suspensi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bintang Barcelona itu mendapat kartu kuning dalam pertemuan kontra Uruguay, Sabtu (26/3/2016), yang membuat dirinya terkena akumulasi kartu. Pelatih Brasil, Dunga, telah memanggil striker Santos, Gabriel Barbosa, sebagai pengganti. Bintang 19 tahun itu didaulat mengisi posisi yang ditingalkan Neymar.

Berita itu langsung disambut bahagia Gabriel. Dia sama sekali tak menduga mendapat kesempatan bergabung dengan timnas jauh lebih cepat dari yang dibayangkan. Dia pun tak ragu mengambil peluang itu dan berjanji memberikan yang terbaik kepada Selecao, julukan Brasil.

“Mengisi posisi Neymar adalah peluang yang sangat bagus namun kedatanganku bukan untuk  menggantikan dia. Neymar adalah kapten dan pemain nomor 10 untuk tim ini,” kata Gabriel dilansir Soccerway, Senin (28/3/2016).

Gabriel berharap kesempatan yang diberikan pelatih menandai babak baru dalam kariernya. Di sisi lain dia optimistis bisa memberikan perbedaan kepada tim. “Saya bergabung tidak untuk menggantikan Neymar atau pemain lain di timnas. Saya tidak menduga semua ini akan terjadi namun saya berharap bisa melakukan sesuatu yang berbeda. Saya bisa mewujudkan mimpi yang aku tak mengira akan secepat ini,” lanjut dia.

Terlepas dari usia yang masih sangat muda, Gabriel bukan lagi sosok asing di jagat sepak bola Brasil. Pemain kelahiran Sao Bernardo do Campo, Sao Paulo, itu dikenal memiliki kemiripan dengan Neymar dalam hal permainan dan dikenal sebagai Gabigol.

Tak hanya Neymar, Brasil akan kehilangan David Luiz dengan sebab serupa. Bek Paris Saint Germain (PSG) itu besar kemungkinan digantikan Felipe yang merumput dengan klub lokal Brasil, Corinthians. Brasil bertekad menebus hasil imbang 2-2 kontra Uruguay meski sempat memimpin 2-0 dalam laga di Recife itu, Sabtu. Brasil membutuhkan hasil tiga poin untuk mengamankan posisi di tiga besar klasemen.

Selecao saat ini menghuni urutan ketiga dengan delapan poin dari lima laga, jumlah yang sama dengan Paraguay dan Argentina di dua posisi di bawahnya. Meski begitu, pasukan Dunga tak boleh gegabah mengingat Paraguay bukan lawan yang bisa dipandang sebelah mata. Kedua tim kali terakhir bertemu di perempat final Copa America 2015 di mana Paraguay sukses melenggang ke semifinal melalui adu penalti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya