SOLOPOS.COM - Argentina vs Brasil (The Guardian)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 akan menyajikan laga Brasil vs Argentina.

Solopos.com, BELO HORIZONTE — Tragedi Mineirazo bakal menghantui Brasil ketika menjamu musuh bebuyutan mereka, Argentina, pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol pekan ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duel dua tim juara dunia ini akan digelar di Stadion Mineirao, Jumat (11/11/2016) pukul 06.45 WIB. Stadion yang terletak di Belo Horinzonte itu merupakan tempat Brasil mengalami kejadian tragis berupa pembantaian 1-7 dari Jerman pada semifinal Piala Dunia 2014.

Meski sudah dua tahun berlalu, tragedi yang populer dengan sebutan Mineirazo tersebut masih terus menghantui Selecao, julukan Brasil. Maklum, kekalahan 1-7 dari Jerman menjadi salah satu aib terbesar bagi pemegang rekor trofi lima trofi Piala Dunia tersebut. Air mata bek sentral Brasil, David Luiz, yang bercucuran seusai laga bahkan masih terbayang jelas di benak sebagian penggemar sepak bola yang menjadi saksi Piala Dunia dua tahun silam.

“Tentu kembali ke sini masih menyentuh buat kami semua, meski sebagian tidak bermain saat itu. Namun kami harus tahu bagaimana bekerja dalam situasi apa pun. Dua tahun telah berlalu dan kami dalam momen yang berbeda,” jelas Pelatih Brasil, Tite, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (8/11/2016).

Tite berharap anak buahnya mampu menghapus memori buruk di Stadion Mineirao. Selecao selalu menang dalam empat pertandingan bersama Tite sejak menggantikan Dunga yang dipecat dari kursi pelatih Brasil seusai Copa America 2016.

Streak empat kemenangan itu mengerek Brasil ke posisi nyaman di puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Conmebol dengan torehan 21 poin. Mereka unggul satu biji pon atas Uruguay yang menempati runner-up dan empat poin atas Ekuador serta Kolombia yang masing-masing duduk di peringkat ketiga dan keempat.

Hanya tiga pemain Brasil yang ikut turun saat dihajar Jerman yang kemungkinan akan turun sebagai starter melawan Argentina. Mereka adalah bek kiri Real Madrid, Marcelo; gelandang Manchester City, Fernandinho; dan pemain Liga Tiongkok Guangzhou Evergrande, Paulinho. Winger Chelsea, Willian, juga turun ke lapangan ketika Brasil dibuat babakbelur Jerman, tapi ia kemungkinan tidak akan turun sebagai starter pekan ini.

Justru dua pemain Liverpool, Philippe Coutinho dan Roberto Firmino, yang tidak ikut merasakan Mineirazo yang kemungkinan dimainkan sejak awal. Keduanya sedang on fire untuk mendongkrak klub mereka ke puncak klasemen sementara Liga Premier musim ini.

Namun tekanan lebih besar justru bisa dialami Argentina ketimbang Brasil saat bentrok di Mineirao. Peluang Lionel Messi dkk. mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2018 di Rusia bisa terancam tertutup apabila gagal menang di markas Brasil. Saat ini, Tim Tango, julukan Argentina, tercecer di peringkat keenam klasemen sementara alias satu strip di bawah zona play-off dunia dan dua tangga di bawah zona lolos langsung ke Piala Dunia.

“Saya khawatir karena kelolosan belum bisa dipastikan dan masih harus menang,” jelas Pelatih Argentina, Edgardo Bauza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya