Tutup Iklan

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018 : Beban Southgate Pimpin Inggris

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2018 : Beban Southgate Pimpin Inggris

SOLOPOS.COM - Gareth Southgate (Mirror.co.uk)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 diwarnai dengan Inggris yang dilatih Gareth Southgate.

Solopos.com, LONDON — Beban berat akan berada di pundak Gareth Southgate ketika dirinya memimpin Timnas Inggris setelah gonjang-ganjing pemecatan Sam Allardyce dari kursi pelatih tim berjuluk The Three Lions.

Pelatih Timnas Inggris U-21 tersebut ditunjuk sebagai karteker pelatih bagi The Three Lions sampai arsitek definitif ditemukan untuk menangani Wayne Rooney dkk. Federasi Sepak Bola Inggris (FA) memercayakan beban itu kepada Southgate dibandingkan buru-buru mencari pengganti Big Sam, sapaan Allardyce, yang lengser setelah terlibat kasus penyalahgunaan jabatan dan skandal kasus korupsi tentang transfer pemain.

Southgate bakal memulai tugas berat itu ketika Inggris melakoni dua laga di Grup F di Kualifikasi Piala Dunia 2018 dalam waktu sekitar dua pekan mendatang. The Three Lions akan menjamu Malta, Sabtu (8/10/2016) dan melawat ke Slovenia, Selasa (11/10/2016). Selain itu, dia juga masih diharapkan bisa memimpin Inggris melawan Skotlandia pada 11 November 2016 mendatang, plus laga persahabatan kontra Spanyol empat hari kemudian.

Inggris menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F di bawah Skotlandia yang sama-sama mengoleksi tiga poin dalam satu laga. Pada laga perdana mereka di Grup F, Adam Lallana dkk. hanya menang tipis 1-0 atas Slovakia.

Southgate mengaku siap dengan beban berat yang ada di hadapannya tersebut. Pelatih berusia 46 tahun tersebut juga berusaha melupakan kegagalan penalti melawan Jerman ketika membela Inggris pada semifinal Euro 1996. Tragedi itu bisa jadi menghantui seumur hidup Southgate dan masih melukai publik Inggris. Penalti Southgate itu menjadi penentuan nasib Inggris untuk lolos ke semifinal. Namun, upayanya digagalkan kiper Jerman, Andreas Kopke.

Saat itu, banyak yang bertanya-tanya kenapa Southgate yang menjadi salah satu eksekutor penalti. Padahal, dia tidak pernah pernah melakoni tendangan 12 pas bersama klubnya, Aston Villa. Meski demikian, peristiwa 20 tahun lalu itu sudah jauh-jauh dia singkirkan untuk lebih optimis memimpin Inggris.

“Apakah saya merasa saya orang yang tepat untuk momen seperti ini di waktu sekarang dengan peranku? Ya,” tegas Southagte, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (4/10/2016).

Southgate telah memanggil 23 nama untuk masuk skuat Inggris menghadapi Malta dan Slovenia. Winger Manchester United, Jesse Lingard, dipanggil mengenakan kostum The Three Lions. Southgate juga mengembalikan Marcus Rashford yang sebelumnya pernah didrop Allardyce ke Tim U-21.

Selain itu, dia juga masih memercayakan kapten Wayne Rooney mengisi skuat The St. Georges Cross, sebutan lain Timnas Inggris. Southgate masih memilih Rooney meski sang pemain kehilangan tempat di starting XI Manchester United dalam beberapa laga terakhir. Tapi di sisi lain, dirinya membantah akan memberi garansi bagi pemain berjuluk Wazza itu akan masuk sebagai starter ketika melawan Malta akhir pekan ini.

Skuat Timnas Inggris yang Dipanggil Southgate

Kiper: Fraser Forster (Southampton), Joe Hart (Torino, on loan from Manchester City), Tom Heaton (Burnley)

Defender: Ryan Bertrand (Southampton), Gary Cahill (Chelsea), Phil Jagielka (Everton), Glen Johnson (Stoke), Danny Rose (Tottenham), Chris Smalling (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Tottenham)

Gelandang: Eric Dier (Tottenham), Jordan Henderson (Liverpool), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal), Michail Antonio (West Ham), Jesse Lingard (Manchester United), Raheem Sterling (Manchester City), Theo Walcott (Arsenal), Dele Alli (Tottenham)

Striker: Wayne Rooney (Manchester United), Marcus Rashford (Manchester United), Daniel Sturridge (Liverpool), Jamie Vardy (Leicester)

Berita Terkait

Berita Terkini

Begini Cara Mengetahui Hasil SNMPTN 2021

LTMPT mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021, Senin pukul 10.00 WIB.

Kapolresta Solo: Driver Ojol Bawa Pesanan Miras Hanya Sebagai Saksi

Kapolres Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan perihal driver ojol yang dibawa ke Mapolresta karena bawa pesanan berisi miras.

Bukan Persis Solo, Ini Klub Tujuan Pemain Naturalisasi Diego Michiels

Diego Michiels dihubungkan dengan sejumlah klub, termasuk Persis Solo, setelah dipastikan berpisah dengan Borneo FC. Namun, Arema FC yang diyakini menjadi pelabuhan Diego selanjutnya.

Angka Covid-19 Indonesia Melonjak, Begini Reaksi Jokowi...

Angka penularan virus corona pemicu Covid-19 Indonesia melonjak drastis sehingga Presiden Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara.

94 Orang Positif Covid-19 Dari Klaster Masjid di Paulan Karanganyar, Ini Sebarannya

Sebanyak 94 kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster masjid Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar, tersebar di sekitar enam RW.

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam Setelah 40 Jam

PT Pertamina (Persero) menyelamatkan 39 tangki di kompleks Kilang Cilacap, Jawa Tengah yang terbakar selama 40 jam hingga Minggu (13/6/2021).

Ambyar, Satu Hari Kasus Covid-19 Tambah 49 Orang, 2 Meninggal Dunia

Penambahan kasus baru Covid-19 di Kabupaten Grobogan tersebar di 14 kecamatan. Sedang lima kecamatan lainnya nihil kasus baru.

Muncul Klaster Masjid Dengan 94 Orang Positif Covid-19, 2 RW Di Paulan Karanganyar Lockdown

Lingkungan dua RW di Paulan, Colomadu, Karanganyar, menerapkan lockdown karena ada puluhan warga yang positif Covid-19 dari klaster masjid.

Flu & Batuk, Wali Kota Salatiga Positif Covid-19

Wali Kota Salatiga Yuliyanto flu dan batuk dan menjalani tes polymerase chain reaction atau PCR test, ia dinyatakan positif Covid-19.

Kasus Covid-19 Indonesia Meledak, Nyaris 10.000 dalam Sehari

Penambahan kasus konfirmasi positif virus corona pemicu Covid-19 pada Minggu (13/6/2021) hari ini meledak dan memencapai nyaris 10.000 orang.

Relawan Lintas Selatan Bersih-Bersih Sungai Tegalgede Mayang

Aksi bersih sungai Tegalgede dilakukan oleh relawan Lintas Selatan.

Waduh, Kasus Aktif Covid-19 Madiun Terbanyak Kedua di Jatim

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Madiun mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini menjadi pehatian bagi otoritas setempat.