SOLOPOS.COM - Pemain Arab Saudi (tengah) saat menghadapi laga kontra Australia, beberapa waktu lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

Kualifikasi Piala Dunia 2018 akan menyajikan laga Australia vs Arab Saudi.

Solopos.com, ADELAIDE — Kans Arab Saudi untuk mengakhiri penantian tampil di Piala Dunia sejak 10 tahun silam akan semakin terbuka lebar jika mereka mampu menaklukkan Australia pada matchday kedelapan Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia di Stadion Adelaide Oval, Adelaide, Kamis (8/6/2017) pukul 17.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Green Falcons (Elang Hijau), julukan Timnas Arab Saudi, tak pernah absen dalam empat episode Piala Dunia secara beruntun pada 1994-2006. Namun sejak itu, Arab Saudi tak mampu menunjukkan batang hidung mereka ke pesta sepak bola terbesar di duia tersebut. Mereka gagal tampil di Piala Dunia 2010 dan 2014.

Nah, penantian panjang selama satu dekade untuk lolos ke Piala Dunia tersebut sepertinya segera terbayar. Saat ini, Arab Saudi menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup B dengan mengantongi 16 poin.

Mereka hanya kalah selisih gol dari Jepang yang juga menggenggam 16 poin di puncak. Sementara Australia yang berstatus sebagai juara  bertahan Pialan Asia hanya berada di peringkat ketiga dengan tertinggal tiga poin dari Jepang dan Arab Saudi.

Hanya tim yang finis peringkat pertama dan kedua grup yang lolos otomatis ke Piala Dunia. Sementara tim peringkat ketiga masih harus bertarung untuk memprebutkan tiket ke playoff.  Oleh karena itu, jika bisa menang di Adelaide, Arab Saudi akan memperlebar jarak atas Australia menjadi enam poin sekaligus mendekatkan mereka ke Rusia, lokasi putaran final Piala Dunia 2018.

“Kami berada di atas mereka [Australia] pada papan klasemen. Kami akan bermain di kandang mereka, namun kami akan ke sana untuk meraih kemenangan dan mempertahankan posisi di atas. Kami ingin melanjutkan tren menang dan lolos ke Piala Dunia,” jelas winger Arab Saudi, Yahya Al-Shehri, seperti dilansir Reuters, Rabu (7/6/2017).

Namun Australia tentu tak mau terlempar dari jalur perebutan tiket otomatis ke Rusia. Pada laga terbaru, The Socceroos, julukan Australia, sukses menaklukkan Uni Emirat Arab 2-0 sekaligus menghentikan tren hasil imbang dalam empat laga.

Pelatih Australia, Ange Postecoglou, akan mengandalkan kapten Mile Jedinak dan Tim Cahill untuk meraih kemenangan di hadapan pendukung mereka. Pada pertemuan pertama kedua tim di Grup B, Australia dan Arab Saudi berbagi angka sama 2-2.

“Kami ingin berada di posisi kami bisa menentukan nasib lewat tangan sendiri,” jelas Postecoglou.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya