SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pesepakbola Jepang, Maya Yoshida (tengah) melakukan tendang salto di antara para pemain Irak dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 di Saitama, Selasa (11/9/2012) WIB. (JIBI/SOLOPOS/REUTERS)

SAITAMA—Timnas Jepang bermain tanpa pemain bintangnya, Shinji Kagawa, saat menjamu Irak pada lanjutan babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, di Saitama Stadium, Selasa (11/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, pasukan berjuluk Samurai Biru bisa memetik kemenangan 1-0 atas tim dari negeri Timur Tengah tersebut. Kemenangan ini kian melapangkan jalan anak didik pelatih Alberto Zaccheroni menuju Brazil.

Striker Jepang, Ryoichi Maeda memecah telur untuk memberi poin bagi Jepang lewat gol sundulannya di menit ke-25 babak pertama. Kemenangan itu, cukup bagi Samurai Biru untuk mengamankan tiga poin, walaupun kehilangan Kagawa karena cedera punggung hanya selang sejam sebelum kick-off.

“Ini tiga poin, kami telah mengambilnya,” beber Zaccheroni kepada wartawan, dilansir Reuters.

“Ini hasil yang sangat penting. Kami ingin lolos dari kualifikasi ke Brazil secepat mungkin,” sambung pelatih berdarah Italia yang pernah menangani AC Milan dan Juventus tersebut.

Pertandingan ini sekaligus sebagai ajang reuni bagi pelatih Irak, Zico. Pelatih berdarah Brazil itu pernah menangani Jepang pada periode 2002-2006. Tapi, ini menjadi pertandingan yang cukup pahit baginya.

Jepang sebenarnya berpotensi membobol gawang Irak dua kali, lewat aksi Maeda. Juara Piala Asia 2007 tersebut mengejutkan Irak dengan tendangan dari jarak dekat, sebelum diblokir pemain lawan. Peluang kembali terbuka ketika rekan setimnya, Shinji Okazaki, membuat umpan silang untuk diselesaikan Maeda.

“Kami latihan dengan cara itu. Umpan Oka [Okazaki] sangat sempurna dan saya hanya tinggal meneruskan. Kami tahu kalau kami bisa menang tapi masih perlu improvisasi,” beber Maeda.

Sundulan rendah dari Keisuke Honda di babak kedua nyaris menggandakan gol bagi Samurai Biru. Tapi upayanya membobol gawang lawan masih bisa di atasi kiper Irak, Noor Sabri. Jepang memuncaki klasemen sementara di kulifikasi Piala Dunia 2014 Grup B Zona Asia. Mereka mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan yang telah ia mainkan.

“Kami punya kualitas yang bisa menutup semua lubang jika kami kehilangan satu atau dua pemain,” beber kapten Timans Jepang, Makoto Hasebe, mengenai absennya Kagawa.

“Kerja sama tim ini sangat sempurna dan kami bisa merengkuh tiga poin yang kami inginkan, tapi sebenarnya kami bisa bermain lebih baik lagi. Kami tahu ada banyak kesulitan di laga berikutnya”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya