SOLOPOS.COM - Hokky Caraka mencetak hattrick saat Indonesia mengalahkan Timor Leste 4-0 pada laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam. (Twitter @PSSI)

Solopos.com, JAKARTA—Hokky Caraka mencetak hattrick saat Timnas Indonesia U-20 mencukur Timor Leste 4-0 pada laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam. Satu gol Indonesia lainnya dipersembahkan oleh Rabani.

Timnas Indonesia menerapkan permainan cepat pada menit-menit awal. Mengandalkan Hokky Caraka di lini depan, skuat asuhan Shin Tae-yong yang mengenakan seragam merah-merah mencoba menekan lini pertahanan Timor Leste.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Tekanan dari Indonesia membuat pemain Timor Leste harus bekerja keras. Hasilnya baru terlihat pada menit 11 saat Hokky Caraka membuka keunggulan bagi Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Makin Kompak, Shin Tae-yong Yakin Lolos Putaran Final Piala Asia U-20

Menerima umpan dari sisi kanan, Hokky yang melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Timor Leste yang gagal diantisipasi kiper. Skor berubah 1-0 untuk tuan rumah.

Timor Leste yang dilatih Gopalkrishnan Ramasamy nyaris menyamakan kedudukan pada menit 24. Berawal dari pergerakan di sisi sayap kanan, pemain Timor Leste yang lolos dari pengawalan melepaskan tendangan akurat ke gawang namun berhasil dimentahkan kiper Cahya Supriadi.

Indonesia merespons dengan kembali menjebol gawang Timor Leste pada menit 29. Umpan lambung dari Kakang di sisi kanan dengan tepat disundul oleh Hokky Caraka.

Baca Juga: Link Streaming Kualifikasi Piala Asia U-20: Indonesia vs Timor Leste 

Bola yang dipantulkan ke bawah oleh pemain PSS Sleman itu berakhir di dalam gawang lawan. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia menguasai jalannya permainan memasuki menit-menit akhir babak pertama. Skuat Garuda Muda terlihat menurunkan tempo permainan namun tetap waspada terhadap serangan Timor Leste.

Pemain Timor Leste beberapa kali berupaya untuk melepaskan tembakan spekulasi ke arah gawang Indonesia. Namun, kiper Cahya selalu bisa membaca dan mengantisipasi serangan yang dilakukan lawan.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-20 Hari Ini: Indonesia vs Timor Leste

Hingga tambahan waktu tidak ada gol tercipta lagi. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia di laga perdana Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Mengawali babak kedua, Indonesia tetap tidak mengendurkan serangan. Upaya Indonesia memperbesar keunggulan berhasil pada menit ke-49, kembali lewat Hokky Caraka.

Pemain asal Gunungkidul itu mencetak hattrick melalui sundulan kepala. Dalam kawalan ketat lawan, penyerang PSS Sleman tersebut menyundul bola dari umpan yang dilepaskan rekannya dari sisi kiri pertahanan lawan.

Baca Juga: Indonesia vs Timor Leste: Shin Tae-yong Pantang Meremehkan

Satu menit menjelang waktu normal berakhir, Garuda Nusantara kembali menambah gol. Kali ini Rabani yang mencatatkan namanya di papan skor.

Rabani menyambut lemparan jauh Robi Darwis dan menyundul bola tanpa bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Timor Leste Filonito Nogueira.

Hasil 4-0 bertahan meski wasit memberikan 3 menit injury time.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20: Vietnam Hajar Hong Kong 5-1!

Dengan hasil ini Indonesia menempati posisi kedua klasemen Grup F di bawah Vietnam yang pada laga lebih awal mengalahkan Hong Kong 5-1.

 

Starting XI Indonesia vs Timor Leste:

Indonesia (4-4-2)



1-Cahya Supriadi (PG); 5-Kakang Rudianto, 14-Robi Darwis, 4-M. Ferrari, 13-Dimas Juliono Pamungkas; 20-Ginanjar Wahyu, 8-Arkhan Fikri; 7-Marselino Ferdinan, 17-Frengky Missa; 20-Rahmat Beri, 9-Hokky Caraka

 

Timor Leste (3-5-2)

12-Filonito Nogueira (PG); 13-Juvito Moniz, 14-Sandro Rivaldo Quintao, 16-Joao Bosco Halle; 10-Freteilian Dos Santos, 23-Cristevao Moniz Fernandes, 11-Zenivevo Conceicao Mota, 15-Willian Quintas Vong, 17-Mario Donasio Quintao; 7-Luis Figo Ribeiro, 9-Anzo Correia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya