SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro Cup 2016 laga pamungkas membawa Turki lolos otomatis sebagai peringkat ketiga terbaik.

Solopos.com, ISTAMBUL — Turki memastikan diri tampil di putaran final Euro Cup 2016 dengan status tim peringkat ketiga terbaik. Ini didapat setelah Arda Turan dkk. menang tipis 1-0 atas Islandia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada laga yang dihelat di Ataturk Stadium, Rabu (14/10/2015) dinihari WIB, Turki yang hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke babak play-off justru bermain agresif sejak menit awal.

Soccernet seperti dikutip detiksport mencatat Turki bikin sembilan tembakan dengan lima mengarah ke gawang. Sementara, Islandia cuma bikin tiga tembakan tanpa satu pun yang tepat sasaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa peluang di babak pertama hadir lewat Oguzhan Ozyakup, Ozan Tufan, Caner Erkin, dan Volkan Sen. Tapi ketatnya pertahanan Islandia serta ketangguhan Ogmundur Kristinsson membuat peluang yang didapat Turki selalu gagal menjadi gol.

Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tercipta. Masuk di babak kedua Turki masih mendominasi jalannya pertandingan dan berusaha mencari gol. Namun, usaha itu menjadi kian berat setelah pemain pengganti, Gokhan Tore, diganjar kartu merah karena melanggar denga keras Jon Dadi Bodvarsson.

Meski bermain dengan 10 orang, Turki berhasil mencetak gol pada menit ke-89 lewat Selcuk Inan. Umpan Umut Bulut diteruskan Inan dengan sepakan kaki kanan ke pojok gawang Islandia.

Skor 1-0 bertahan hingga laga usai dan tambahan tiga poin ini membuat Turki kokoh di posisi ketiga klasemen Grup A dengan 18 poin dari 10 laga. Kemenangan ini juga serta merta menyingkirkan Belanda dari persaingan menuju putaran final Piala Eropa.

Turki pun berhak lolos sebagai peringkat ketiga terbaik, menggeser posisi Hongaria. Ini terbantu dengan kemenangan Kazakhstan 1-0 atas Latvia yang membuat posisi tim tersebut naik ke urutan kelima.

Menurut situs resmi UEFA, penentuan peringkat ketiga terbaik adalah melihat hasil pertemuan dengan peringkat satu, dua, empat, dan lima di grup masing-masing. Dengan begini, Turki yang punya 16 poin dari delapan pertemuan dengan Republik Ceko, Islandia, Belanda, dan Kazakhstan, berhak tampil di putaran final.

Sementara itu, Hongaria sendiri cuma punya 15 poin dari delapan pertandingan melawan tim-tim berperingkat satu, dua, empat, dan lima. Bagi Turki ini adalah penampilan pertama di Euro Cup sejak terakhir kali tahun 2008. (JIBI/SOLOPOS)

Pemain Turki merayakan kemenangan dan lolos ke putaran final Euro Cup 2016. JIBI/Reuters/Umit Bektas

Pemain Turki merayakan kemenangan dan lolos ke putaran final Euro Cup 2016. JIBI/Reuters/Umit Bektas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya