SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro Cup 2016 telah mengantar 20 tim otomatis masuk final. Kini 8 tim berebut tiket di babak play-off

Solopos.com, ROMA— Putaran akhir kualifikasi Euro 2016 sekaligus menentukan tim-tim yang akan berlaga di babak play-off demi memperebutkan empat tiket yang tersisa ke putaran final. Setidaknya delapan tim akan bersaing di fase penentuan itu pada November mendatang.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Swedia, Ukraina, Norwegia, dan Bosnia berada dalam daftar yang dipaksa melakoni perjuangan ekstra itu. Hal itu setelah hasil yang mereka dan rival langsung dapatkan di matchday terakhir, Senin (12/10/2015) malam WIB sampai Rabu (14/10/2015) dini hari WIB .

Norwegia gagal melenggang otomatis ke putaran final karena kalah 1-2 dari Italia di Grup H. Di pertandingan Grup B, Bosnia menyabet tiket ke play-off setelah menang 3-2 atas Siprus. Bosnia menyisihkan Israel yang kalah 1-3 dari Belgia di Stade Roi Baudoin, Brussel.

Bagi Bosnia, hasil itu terasa amat melegakan. Hal itu mengingat Israel adalah  rival berat dalam perebutan tempat ketiga klasemen Grup B. Hingga matchday kedelapan, Bosnia tercecer di posisi keempat dan tertinggal dua poin dari Israel di tempat ketiga. Namun, dewi fortuna berbalik mendukung Bosnia yang memenangi dua laga terakhirnya sedangkan Israel justru kalah beruntun dari Siprus dan Belgia.

Situasi berbeda dialami Norwegia. Skuat besutan Per-Mathias Hogmo itu dalam posisi diuntungkan untuk lolos otomatis jelang pertemuan kontra Italia. Norwegia nangkring di posisi kedua Grup H dan unggul dua poin atas Kroasia di bawahnya.

Tetapi, kekalahan dari Italia dan kemenangan 1-0 Kroasia atas Malta membuat mereka harus menyerahkan tiket yang sudah setengah di genggaman kepada rival kuat di Grup H itu.

Pelatih Norwegia, Per-Mathias Hogmo, mengakui Italia tampil lebih baik dan layak menang. Juru taktik 55 tahun itu kecewa tim gagal merebut tiket lolos otomatis, namun akan berjuang memberikan yang terbaik. Di sisi lain, Hogmo mengatakan Norwegia sejauh ini tak berpikir tentang tim yang akan menjadi lawan mereka.

“Selamat kepada Italia yang tampil lebih baik dan menurutku mereka layak menang. Kami melakukan semua yang mungkin di lapangan. Namun, ada hal yang aneh untuk dikatakan, kami bisa lebih baik setelah gol pertama Italia,” kata Hogmo dilansir soccerway.com, Rabu.

“Saya tidak tahu kami ingin melawan siapa di babak play-off. Sejujurnya, saya tidak ingin memikirkan hal itu. Kami akan menunggu hasil undian,” lanjutnya.

Empat tim lain yang akan berlaga di babak play-off adalah Rep. Irlandia, Slovenia, Hungaria, dan Denmark. Sesuai ketentuan, delapan tim peserta di bagi ke kelompok ungggulan dan non-unggulan dan akan saling sikut berdasarkan status itu. Undian akan dilakukan, Minggu (18/10/2015), dan play-off dilangsungkan dua leg pada medio November. (Triyono/JIBI/Solopos)

Sebnyak 8 tim yang berada di peringkat tiga babak grup akan berebut tiket ke putaran final Euro 2016

Sebnyak 8 tim yang berada di peringkat tiga babak grup akan berebut tiket ke putaran final Euro 2016

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya