SOLOPOS.COM - Pengumuman paket kebijakan ekonomi Presiden Jokowi, Senin (16/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ismar Patrizki)

KTT G20 juga dimanfaatkan pemerintah Indonesia lobi ekonomi. Bahkan, Menkeu melobi AS, termasuk soal kebijakan suku bunga The Fed.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menggelar pertemuan dengan Menteri Keuangan Amerika Serikat Jack Lew di sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Turki, Senin (16/11/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Wakil Deputi Keuangan G20 dari Indonesia, Syurkani Ishak Kasim, pertemuan kedua menteri itu untuk membicarakan tenang permasalahan ekonomi kedua negara, khususnya mengenai paket kebijakan ekonomi yang dirilis Pemerintah Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kedua menteri juga berbicara tentang gejolak sistim keuangan dan harapan agar AS bisa lebih komunikatif dalam kebijakannya serta penguatan kerja sama antarkedua kementerian atas isu-isu yang memiliki kepentingan bersama seperti isu perpajakan,” ujar Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu itu.

Menkeu yang mewakili Presiden Joko Widodo di hari kedua KTT G20 melakukan intervensi pada sesi terkait regulasi keuangan, kerja sama perpajakan, dan anti korupsi. Dalam intervensinya Bambang menyatakan tekad Indonesia untuk bersama-sama negara anggota lain memberantas praktik “Base Erosion and Profit Shifting” dalam perpajakan internasional. Menkeu juga menyatakan dukungan Indonesia untuk pelaksanaan kerangka inisiatif automatic exchange of information in Taxation.

Sebelum bertolak ke Turki, Bambang Bordjonegoro mengungkapkan pihaknya membawa beberapa misi khusus, di antaranya meminta seluruh anggota G20 agar memperhatikan perekonomian global sebelum mengeluarkan kebijakan moneter. Salah satu contoh paling mutakhir, menurut Bambang, adalah kesimpangsiuran rencana penaikan suku bunga The Federal Reserve (The Fed Interest Rate).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya