SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KTT Asean yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Solopos.com, KUALA LUMPUR—Para pemimpin Association of Southeast Asian Nation (Asean) akan menandatangani tiga dokumen yang akan menjadi komitmen bersama untuk dilaksanakan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, mengatakan tiga dokumen yang akan ditandatangani adalah Konvensi Asean Melawan Perdagangan Manusia, Deklarasi Kuala Lumpur Mengenai Pemberlakuan Masyarakat Komunitas Asean, dan Deklarasi Kuala Lumpur Mengenai Visi Asean 2025.

“Yang menjadikan 2015 sebagai tahun yang penting bagi Asean adalah pada akhir tahun ini akan diberlakukan Masyarakat Komunitas Asean, dan meluncurkan Visi Asean 2025,” katanya di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (21/11/2015).

Retno menuturkan Indonesia akan memastikan pelaksanaan Masyarakat Komunitas Asean berjalan dengan baik dan sesuai dengan Visi Asean 2025. Pemerintah juga akan mendoronh konsolidasi negara-negara anggota Asean dan memastikan Asean bermanfaat untuk masyarakat.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia juga akan menekankan pentingnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di negara-negara anggota Asean, dan kerja sama untuk memastikan keamanan, serta stabilitas di kawasan.

“Kami juga akan mendorong persatuan dan sentralitas dalam membahas permasalahan di kawasan Asean,” ujarnya.

Untuk merealisasikan hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara khusus datang untuk membahasnya dalam pertemuan tingkat menteri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution juga mengikuti pertemuan tingkat menteri untuk membahas pilar ekonomi di Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya