SOLOPOS.COM - Logo APEC Indonesia 2013

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali meninjau langsung kesiapan lokasi yang bakal menjadi lokasi penyelenggaraan KTT ke-21 APEC. Berbeda dengan kuinjungan lokasi sebelumnya, kali ini Presiden SBY yang didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono mengunjungi objek-objek wisata yang akan digunakan dalam rangkaian acara yang dijadwalkan berlangsung mulai Selasa (1/10/2013) tersebut.

SBY dan Ani, Minggu (15/9/2013) lalu, mendadak datang ke Nusa Dua, Badung, Bali untuk melakukan inspeksi ke lokasi yang akan digunakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) itu. APEC adalah forum 21 negara yang memiliki garis pantai ke Samudra Pasifik. Kelompok ini dibentuk dengan tujuan utama pemberdayaan ekonomi negara anggota.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kali ini, SBY dan Ani didampingi oleh Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu, dan Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung. Sebagaimana dilansir laman Presidenri.go.id, lokasi pertama yang dikunjungi Kepala Negara adalah Bali Safari and Maritime Park, objek wisata yang terletak di Kabupaten Gianyar. Rencananya para pendamping pemimpin ekonomi anggota APEC akan menghabiskan waktu di objek wisata tersebut di sela-sela berbagai acara KTT APEC.

SBY dan Ani Yudhoyono menikmati berbagai pertunjukan seperti tari tradisional, wayang kulit, dan teater ‘Bali Agung’.  Rencananya para pendamping pemimpin ekonomi anggota APEC akan menyaksikan rangkaian pertunjukan serupa dalam kunjungan mereka nanti.

Setelah itu, Presiden dan rombongan mengunjungi  Hotel Sofitel di Nusa Dua yang ditetapkan sebagai lokasi pertemuan para pemimpin ekonomi anggota APEC pada 7–8 Oktober 2013. Wakil Ketua Panitia Penyelenggaraan KTT ke-21 APEC, Chairul Tanjung, memandu Presiden berkeliling melihat ruangan-ruangan yang akan dipergunakan dalam leaders meeting tersebut.

APEC adalah organisasi kerja sama internasional yang beranggotakan 21 ekonomi di kawasan Pasifik yang berdiri sejak 1989. Rangkaian kegiatan APEC ke-21 rencananya berlangsung pada 1–8 Oktober 2013 di Nusa Dua. Acara dimulai dengan pertemuan pejabat senior (SOM) dan diakhiri dengan KTT atau summit pada 8 Oktober 2013.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya