SOLOPOS.COM - Seorang petugas keamanan berjaga di dekat logo APEC yang terpasang di pusat Kota Vladivostok, Rusia, tempat berlangsungnya KTT APEC yang dihadiri para kepala negara di kawasan Asia Pasifik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Seorang petugas keamanan berjaga di dekat logo APEC yang terpasang di pusat Kota Vladivostok, Rusia, tempat berlangsungnya KTT APEC yang dihadiri para kepala negara di kawasan Asia Pasifik. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

JAKARTA–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kepala negara peserta APEC ternyata menginap di sebuah asrama mahasiswa, bukan di hotel berbintang, selama mengikuti KTT di Vladivostok, Rusia.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengakui jika SBY bersama Ibu Negara, termasuk seluruh delegasi dari 21 negara peserta APEC, menginap di sebuah asrama mahasiswa Far Eastern Federal University, Vladivostok. Presiden tidak menginap di hotel berbintang karena keterbatasan akomodasi di Vladivostok. “Bapak Presiden dan Ibu Negara telah sampai di Vladivostok, Rusia. Seluruh delegasi dari 21 negara peserta APEC disediakan akomodasi di komplek kampus Far Eastern Federal University, Vladivostok,” kata Julian melalui pesan singkat, Jumat (7/9/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Asrama kampus itu dikabarkan hanya memiliki dua lift. Bahkan, kamar yang ditempati Presiden tidak memiliki fasilitas televisi. Namun, Julian tidak memberikan komentar banyak mengenai keterbatasan fasilitas bagi Kepala Negara. “Tentu fasilitas dan akomodasi bagi para kepala negara dan kepala pemerintahan disiapkan secara khusus,” kata Julian.

Dalam laman resmi Presiden RI diberitakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Bambang Yudhoyono tiba di Bandara Internasional Knevichi, Vladivostok, Rusia, hari ini pukul 14.25 waktu setempat atau 10.25 WIB. Duta Besar Indonesia untuk Rusia Djauhari Oratmangun menjemput Presiden dan Ibu Negara ke dalam pesawat khusus kepresidenan A330-300 milik Garuda, sementara Atase Pertahanan RI untuk Moskow Tamsil Gustari menunggu di bawah tanggga pesawat.

“Udara di Vladivostok sejuk dengan kisaran 15-20 derajat Celcius dan matahari bersinar cerah, paling cerah sejak rangkaian acara KTT APEC 2012 dimulai,” tulis laman Presiden RI. Presiden dan rombongan langsung menuju kompleks Far Eastern Federal University (FEFU), tempat menginap, di Pulau Rusky. Di sini pula KTT APEC berlangsung. Perjalanan darat ke pulau di sebelah selatan Vladivostok ini memakan waktu 30-45 menit.

Hari ini Presiden rencananya akan berkonsolidasi dengan beberapa menteri yang sudah tiba lebih dulu , antara lain Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya