SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Ekonomi makro untuk memulihkan ekonomi global diperlukan penguatan perdagangan di Asia Pasifik. 

Solopos.com, MANILA—Penguatan sinergi perdagangan di antara negara-negara Asia Pasifik dianggap menjadi solusi utama memulihkan pelemahan ekonomi global.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat pidato di hadapan para pimpinan bisnis dalam CEO Summit yang merupakan rangkaian agenda KTT APEC 2015 di Manila, Rabu (18/11/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

“Peningkatan kerja sama antarbangsa, baik di tingkat pemerintah maupun swasta sangat penting, khususnya menghadapi krisis ekonomi global,” ujarnya.

Kalla menegaskan bahwa Indonesia akan terus berupaya untuk memastikan perdagangan global tidak hanya berjalan bebas, tetapi juga adil.

Terkait perdagangan bebas, jelasnya, Indonesia akan terus mengambil kebijakan ekonomi yang tepat demi menjaga daya saing di tengah perlambatan dan ketidakpastian ekonomi global.

Salah satu strategi, Kalla mempromosikan pelaksanaan reformasi struktural melalui enam paket kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah demi menciptakan kondisi bisnis yang kondusif.

Dia menyebutkan, paket kebijakan ekonomi bertujuan memberi stimulus bagi daya saing ekonomi, memperluas pasar domestik, dan mendorong investasi baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, perdagangan dan investasi dinilai tak kalah penting untuk menciptaan lapangan pekerjaan yang akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan daya beli masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya