SOLOPOS.COM - Sergei Lavrov (Reuters)

Sergei Lavrov (Reuters)

VLADIVOSTOK – Menlu Rusia, Sergei Lavrov, menyebut negara-negara anggota APEC telah membuat sejumlah kemajuan dalam menyusun agenda pada 2012 sebagai pondasi solid organisasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam pidato pembukaan konferensi tingkat menteri APEC 2012 di Vladivostok, Rabu (5/9/2012), Lavrov juga mengklaim Rusia bahkan telah mengalihkan fokusnya pada upaya memprioritaskan sejumlah agenda kerja APEC. “Rusia telah fokus pada liberalisasi perdagangan dan investasi, integrasi ekonomi regional, meningkatkan konektivitas rantai pasokan, keamanan pangan serta mendorong pertumbuhan yang inovatif,” papar Lavrov seperti dilansir yahoonews.

Dengan tema “Mengintegrasikan pertumbuhan, berinovasi untuk kemakmuran”, para menteri APEC membahas tantangan ekonomi global dan bagaimana memanfaatkan semua peluang untuk meningkatkan pertumbuhan melalui aksi kolektif. Pertemuan tingkat menteri ini juga akan membahas Agenda Pembangunan Doha dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), serta mendengar laporan Wakil Dirjen WTO, Rufus Yerxa.

Secara khusus, forum menteri APEC akan mengeksplorasi pengembangan sistem perdagangan multilateral, liberalisasi perdagangan dan investasi serta integrasi ekonomi regional. Saat ini semua anggota APEC secara otomatis juga menjadi anggota WTO, setelah aksesi Rusia pada Agustus lalu.

“Kita perlu meningkatkan koordinasi regional untuk merangsang ekspor dan pertumbuhan ekonomi global,” lanjut Lavrov yang bertindak selaku wakil ketua pelaksana konferensi.

Selain masalah ekonomi, para menteri APEC membahas upaya berkelanjutan dan evaluasi tahun pertama pelaksanaan Konsolidasi Strategi Kontraterorisme dan Keamanan Perdagangan. Program peningkatan kesiapsiagaan darurat di seluruh negara anggota ini dimaksudkan membuat perdagangan dan perjalanan regional lebih aman, efisien dan tangguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya