SOLOPOS.COM - Puluhan stan menampilkan produk pertanian pada KTNA Exporience 2022 di Gedung Sasana Manggala Sukowati (SMS) Sragen mulai Rabu (27/7/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Perhelatan KTNA Exporiencce 2022 Sragen dimulai Rabu (27/7/2022) ini. Dalam acara yang digelar hingga 31 Juli 2022 ini tak hanya diramaikan oleh 102 stan para petani, produsen pupuk, stakeholders, dan kuliner. Tetapi juga dimeriahkan dengan hiburan khas Sragen, yakni tayub dan campursari.

Sebanyak 30 stan kuliner sudah menjajakan dagangan mereka sejak Rabu pagi. Sementara 70 stan petani dan stakeholders terkait pertanian mulai berbenah. KTNA Exporience 2022 itu direncanakan dibuka Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Kamis (28/7/2022) besok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, dipastikan hadir dalam acara yang digelar Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sragen itu. Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, akan menyampaikan pidatonya secara virtual.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sampai siang ini ada 102 stan yang mulai buka untuk meramaikan KTNA Exporience 2022. Stan kuliner ada 30 unit dari rencana semula hanya 20 unit. Kemudian ada stan formulator pertanian ada 18 unit dari 40 formulator yang ada di Sragen,” ujar Ketua KTNA Sragen, Suratno, saat berbincang dengan Espos, Rabu siang.

KTNA Sragen menggratiskan 27 stan bagi 20 KTNA di Kabupaten Sragen, empat dinas, satu stan KTNA Soloraya, dan satu stan untuk SMKN 1 Kedawung yang merupakan satu-satunya SMK pertanian di Sragen.

Baca Juga: KTNA The Exporience 2022 Sragen Bakal Berbeda, Ini yang Bikin Spesial

Suratno menyampaikan KTNA Exporience 2022 juga dimeriahkan oleh hiburan khas Sragen, yakni tayub pada Rabu malam, organ tunggal pada Kamis dan Jumat malam, dan grup band pelajar pada Sabtu malam, dan campursari pada Minggu malam.

Dia menyampaikan dalam KTNA ekspo ini juga akan dilakukan penandatanganan empat kerja sama atau memorandum of understanding (MoU). Yakni MoU KTNA dengan Perum Bulog, MoU KTNA dengan Perumda Pergudangan dan Aneka Usaha Pedaringan Solo, MoU KTNA dengan Ralali, dan MoU KTNA dengan PT Nusantara Medika Bandung.

“Nanti direncanakan ada tiga talkshow dalam KTNA Exporience 2022, yakni talkshow pertama bertema Inspirasi Petani Milenial; talkshow kedua mengambil topik Digitalisasi Pertanian; dan talkshow ketiga mengambil tema Agrowisata, Sebuah Alternatif Pengembangan Petani Milenial,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya