SOLOPOS.COM - Jeff Williams dari badan antariksa AS dan ahli penerbangan Alexey Ovchinin dan Oleg Skripochka dari badan antariksa Rusia (Istimewa)

Seorang astronaut dan 2 kosmonaut Rusia mendarat selamat di Bumi setelah 172 di antariksa.

Solopos.com, CAPE CANAVERAL – Seorang astronaut Amerika Serikat (AS) dan dua kosmonaut Rusia menuntaskan misi 172 hari di Stasiun Antariksa Internasional dan mendarat saat fajar di stepa Kazakhstan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Siaran NASA TV menunjukkan kapsul yang dibuat menjadi parasut turun di tenggara Zhezkazgan, lalu menghilang ke dalam lapisan kabut saat mendekati daratan.

Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) beberapa menit kemudian mengonfirmasi bahwa pendaratan terjadi pukul 07.13 waktu setempat Rabu (7/9/2016).

Komandan Stasiun Jeff Williams dari badan antariksa AS dan ahli penerbangan Alexey Ovchinin dan Oleg Skripochka dari badan antariksa Rusia, Roscosmos, menjauh dari stasiun antariksa pukul 17.51 EDT/2151 GMT, saat pesawat berlayar 415 kilometer di atas bagian timur Mongolia menurut komentator misi NASA Rob Navias.

“Saya pastinya akan merindukan pemandangan ini,” cuit Williams pada Selasa (6/9/2016) pagi, mengunggah gambar planet yang berkilau diterpa cahaya matahari.

“Ungkapan terima kasih sebesar-besarnya kepada rekan-rekan kru, tim darat, teman-teman yang mendukung, dan keluarga,” kata Williams.

Williams (58) kembali ke Bumi dengan total karir 534 hari di orbit, lebih lama ketimbang astronot lainnya dalam sejarah Amerika Serikat.

Kosmonaut Rusia masih menjadi juara penerbangan antariksa terlama dengan kosmonaut Gennady Padalka baru-baru ini menjadi pemegang rekor dunia dengan 878 hari di antariksa dalam lima misi.

Sebelum meninggalkan Stasiun, Williams menyerahkan komando pos senilai 100 miliar dolar AS yang merupakan proyek 15 negara itu kepada kosmonaut Anatoly Ivanishin, yang berada di Stasiun Antariksa Internasional bersama astronaut NASA Kate Rubins dan Takuya Onishi dari Jepang.

“Kami akan merindukan kalian di sini,” kata Ivanishin dalam upacara penyerahan komando pada Senin.

“Bersenang-senanglah berkendara melalui atmosfer… serta mendarat dengan sangat aman dan luar biasa lembut,” katanya sebagaimana dikutip kantor berita Reuters.

Kru pengganti dijadwalkan meluncur pada 23 September dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya