Kronologi Tanggul Laut Pelabuhan Tanjung Emas Jebol, Picu Banjir Rob

Berikut kronologi jebolnya tanggul laut di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, yang mengakibatkan banjir rob versi kepolisian.

 Foto udara kondisi banjir rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (Solopos,com - Antara/Aji Styawan)

SOLOPOS.COM - Foto udara kondisi banjir rob yang merendam kawasan Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). (Solopos,com - Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Sektor (Polsek) Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (KPTE) mengungkapkan kronologi jebolnya tanggul laut yang mengakibatkan banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, pada Senin (23/5/2022) siang. Tanggul itu merupakan tembok pembatas antara kawasan berikat PT Lamicitra dengan laut, sehingga saat jebol air laut pun masuk ke kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

Kapolsek KPTE, AKP Firdaus Yudhatama, mengatakan informasi tanggul jebol itu awalnya diperoleh dari Kepala Keamanan Kawasan Berikat PT Lamicitra, Ronedi, pada Senin siang, sekitar pukul 14.10 WIB. Saat itu, air rob sudah masuk ke kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, tepatnya di Jalan Coaster.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Ketinggian [air di kawasan berikat] kurang lebih 1,5 meter. Sedangkan di sepanjang Jalan Coaster dan Jalan M. Pardi, ketinggian air sekitar 40 sentimeter,” ujar Firdaus.

Meski demikian, menurut Firdaus, ketinggian air rob itu kemungkinan bakal bertambah mengingat air pasang masih berlangsung. Pihaknya pun telah meminta pengelola kawasan berikat, terutama PT TEPZ dan PT Pelindo untuk mengoptimalkan pompa air guna mengurangi ketinggian air.

“Untuk arus lalu lintas di kawasan pelabuhan juga mengalami kemacetan. Kami sudah memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar berhati-hati dalam berkendara,” ujarnya.

Baca juga: Foto-Foto Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terendam Banjir Rob

Sementara itu, seorang karyawan pabrik garmen di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Selli, 35, mengaku seluruh karyawan langsung dipulangkan saat tanggul laut jebol. Hal itu dikarenakan air rob semakin tinggi dan membahayakan keselamatan pekerja.

“Pabrik-pabrik tadi sudah minta karyawannya pulang karena air rob makin tinggi. Posisinya kira-kira sudah sampai sedada pada pukul 13.30 WIIB,” ujar Selli.

Selli menilai banjir rob kali ini yang paling parah dibanding peristiwa pada tahun-tahun sebelumnya. Ia yang sudah bekerja selama sembilan tahun di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas mengaku hampir setiap tahun peristiwa banjir rob selalu terjadi.

Baca juga: Begini Kesaksian Pekerja Pabrik di Semarang saat Tanggul Laut Jebol

“Ini yang terparah, tahun sebelumnya enggak seperti ini. Paling cuma rob kecil, selutut biasanya,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Tumbuhkan Nasionalisme, Kapolres Grobogan Nobar Film Bareng Siswa SD

      Polres Grobogan mengajak nobar siswa SD Negeri 4 Purwodadi untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa nasionalisme.

      Tertabrak Motor, Perempuan Pejalan Kaki di Semarang Meninggal

      Peristiwa kecelakaan maut terjadi di Jalan Tentara Pelajar, Kota Semarang, di mana seorang pejalan kaki meninggal dunia setelah tertabrak sepeda motor.

      Ini Video Detik-detik Tabrak Lari di Jalan Sriwijaya Semarang

      Rekaman video yang memperlihatkan detik-detik kecelakaan tabrak lari di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, beredar di media sosial.

      Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Begini Reaksi Kepala Ombudsman Jateng

      Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jateng, Siti Farida, mengaku terkejut mendengan kabar Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, ditangkap KPK.

      Ini Dia Lokasi Alun-alun Lama di Kudus, Dekat Makam Sunan Kudus

      Berikut alamat lengkap lokasi Alun-alun lama di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), yang kini telah berubah menjadi taman.

      Pemkot Semarang Terima Bus Listrik dari PT Mobil Anak Bangsa

      Pemerintah Kota Semarang baru saja menerima bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa yang akan digunakan di berbagai kawasan.

      Gara-gara Patah Hati, Brigadir Dian Malah Lolos Kontes Dangdut Koplo

      Salah satu anggota Polres Salatiga, Brigadir Afridian Asmara Putra, 27, lolos 20 besar kompetisi dangdut Koplo Superstar di salah satu stasiun televisi Indonesia.

      Ini Pengakuan Pelaku Tabrak Lari di Jalan Sriwijaya Semarang

      Pelaku tabrak lari di Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, yang mayat korban ditemukan di saluran air, mengaku tidak sadar telah menabrak korban hingga meninggal.

      Lihat Solar Tumpah di Jalanan Salatiga? Ini yang Harus Anda Lakukan

      Ia meminta warga segera melaporkan kepada BPBD Kota Salatiga apabila melihat warna aspal akan menjadi hitam pekat karena tumpahan solar.

      Korsleting, Rumah Petani di Tanggungharjo Grobogan Ludes Terbakar

      Satu rumah milik warga di Dusun Krajan RT 004, RW 002, Desa Ringinpitu, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, ludes terbakar.

      Mayat di Jalan Sriwijaya Semarang Korban Tabrak Lari, Ini Pelakunya

      Mayat yang ditemukan di saluran air Jalan Sriwijaya, Kota Semarang, dipastikan merupakan korban tabrak lari dengan pelaku seorang yang berprofesi sebagai pengacara.

      Awas! Pengendara Motor Wajib Hati-hati saat Lewat Jalan Ini di Salatiga

      Sepanjang jalan Salatiga-Kopeng, tepatnya wilayah Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah rawan kecelakaan.

      Profil Bupati Pemalang yang Ditangkap KPK

      Berikut profil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan atau OTT atas dugaan kasus suap.

      Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Ganjar Instruksikan Ini ke Pemkab

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta Wakil Bupati Pemalang mengambil alih pemerintahan pasca-kabar Bupati Pemalang, MAW, ditangkap KPK atas dugaan kasus korupsi.

      Jadi Kadiv Propam Gantikan Sambo, Syahar Diantono Ternyata Asli Blora

      Menggantikan Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri, Syahar Diantono ternyata wong asli Blora, Jawa Tengah.