Kronologi SP1 dan SP2 Hingga Ancaman Pemblokiran Facebook di Indonesia

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku telah beberapa kali melakukan komunikasi dengan pihak Facebook. Komunikasi dilakukan untuk mengkonfirmasi ihwal pencurian data lebih dari satu juta akun di platform layanan over the top (OTT) asal Amerika Serikat tersebut di Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengatakan langlah pertama pemerintah adalah melakukan komunikasi melalui telepon kepada pihak Facebook untuk mengklarifikasi informasi dari Cambridge Analytica ihwal pencurian itu. Kabar soal pencurian data tersebut diterima Rudiantara pada 25 Maret 2018.

Klarifikasi melalui telepon tersebut dilanjutkan dengan mengirim surat secara resmi dari Pemerintah Indonesia kepada Facebook pada 26 Maret 2018 guna melakukan koordinasi terkait pencurian data tersebut. Namun, Pemerintah Indonesia hanya mendapatkan balasan surat elektronik yang jawabannya sangat normatif.

"Karena itu kami kirimkan Surat Peringatan [SP] pertama pada tanggal 5 April 2018 kemarin. Lalu hingga tanggal 10 April belum ada respons juga dari Facebook akhirnya kami kirim SP 2 pada 10 April itu," tutur Rudiantara, Kamis (12/4/2018).

Dia mengatakan setelah mengirimkan SP 2 ke Facebook pada 10 April 2018. Namun, pada malam harinya pemerintah akhirnya mendapatkan balasan dari pihak Facebook menjawab SP1 yang meminta klarifikasi dan telah dikirimkan pada Kamis (5/4/2018). Sedangkan pada SP2, pemerintah meminta meminta hasil audit investigasi kepada pihak Facebook mengenai pencurian data yang melibatkan markas Facebook.

"Jawabannya lumayan jelas dan cukup detail menurut saya. Jadi isinya itu adalah tentang 700 akun yang mengunduh aplikasi langsung pihak ketiga yaitu CubeYou dan AgregatelQ. Lalu kenapa ada 1 juta data yang dicuri, itu karena dari 700 orang ini men-share ke wall Facebook mereka dan di klik try it oleh teman-temannya di Facebook hingga 1 juta orang," kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, dalam surat balasannya Facebook menyatakan sudah lama memutus aplikasi pihak ketiga itu sejak 2015. Setelah diputus, tidak ada lagi data yang dicuri karena Facebook menutup rapat-rapat masuknya aplikasi pihak ketiga lagi.

Rudiantara mengatakan pemerintah sampai saat ini masih menunggu surat balasan dari SP 2 yang dikirimkan kepada Facebook pada 10 April 2018. Menurutnya, jika SP 2 tersebut tidak ditanggapi, maka SP3 akan dikirimkan. SP3 berisi pemberitahuan bahwa aplikasi Facebook telah diputus sementara sehingga tidak bisa diakses di Indonesia.

"Jadi nanti kalau kami sudah kirim SP3, itu bukan berupa surat klarifikasi lagi, tetapi sudah surat pemberitahuan bahwa Facebook diputus sementara aksesnya di Indonesia," ujar Rudiantara.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Dari Kamar Mungil, Gadis Boyolali Mendulang Rejeki

Gadis di Boyolali mendulang rejeki dari dalam kamar yang mungil melalui kreativitasnya menempel barang bekas.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Tim Kriket Putra Bali Raih Emas Pertama PON XX Papua

Kalahkan tim kriket putra Papua dengan skor 76-63.

Eksploitasi Anak, Dulu Bocah Silver kini Bayi Silver

Kasus eksploitasi anak dengan dijadikan objek mengamen tidak hanya terjadi saat ini.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Ijazah Jaksa Agung Simpang Siur, Yang Benar Lulusan Mana?

Versi terbaru Kapuspenkum Kejagung, Burhanuddin lulus S1 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Eks Elite FPI Dirikan Perisai Bangsa, Tonton G30S/PKI

Ormas Perisai Bangsa diinisiasi Habib Umar Al Athos yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi FPI Surabaya.

Urai Sampah Dibantu Lalat Bisa Hasilkan Cuan Belasan Juta Sebulan

Urai sampah dengan bantuan lalat bisa hasilkan cuan celasan juta rupiah sebulan.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.