SOLOPOS.COM - Kericuhan dalam Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Sultra, Selasa (11/2/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- Ricuh yang mewarnai Kongres Partai Amanat Nasional (PAN), Selasa (11/2/2020), menimbulkan 30-an korban dari salah satu kubu calon ketua umum.

Politikus PAN Asri Anas mengatakan bahwa kericuhan Kongres PAN berawal dari keinginan salah satu kubu agar ruang rapat steril dari pihak-pihak yang tidak memiliki hak suara. Upaya ini, kata Asri, sesuai aturan yang telah disepakati dalam forum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pengamat: Fit & Proper Test Cuma Formalitas, Gibran-Purnomo Sudah Jadi

“Tapi banyak dari mereka yang tidak mau keluar dari ruangan. Akibatnya betrok fisik terjadi. Dari kami ada 30-an korban. Mereka berdarah,” ujar mantan anggota DPD dari Sulawesi Tenggara ini, Selasa (11/2/2020).

Dia mengungkapkan korban paling banyak terluka pada bagian kepala karena terkena lemparan kursi. Saat ini mereka tengah mendapatkan perawatan dari tim medis di ruangan yang telah disiapkan panitia Kongres PAN.

Gibran Rakabuming Klaim Siapkan Dana Pribadi untuk Kampanye Pilkada Solo

Karena itu, Asri berharap aparat keamanan turun tangan dan mengosongkan terlebih dahulu tempat rapat untuk sementara. Itu dinilai penting guna menghindari terjadinya bentrokan susulan.

“Kami berharap ruang rapat hanya diisi oleh peserta sidang. Jangan ada orang yang tidak punya kepentingan masuk ke ruang sidang,” katanya.

Sekretaris Panitia Pengarah Kongres PAN Saleh Partaonan Daulay menginformasikan bahwa sudah ada empat nama yang bakal bersaing merebutkan kursi ketua umum. Nama-nama tersebut adalah Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Dradjad Hari Wibowo, dan petahana Zulkifli Hasan.

Representasi Jokowi dan Rudy, Gibran-Purnomo Opsi Terkuat

“Tiap kandidat dapat mendaftarkan diri sebagai bakal calon. Kami harapkan mereka hadir langsung untuk mengisi formulir sekalian menandatangani beberapa surat pernyataan. Tentu sangat baik jika bersama-sama dengan tim masing-masing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya