Ilustrasi selancar. (Freepik)

Solopos.com, MANILA – Peselancar Filipina, Roger Casugay, disebut-sebut menyelamatkan atlet Indonesia yang tenggelam dalam pertandingan SEA Games 2019. Pihak Pengurus Besar (PB) Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) menjelaskan kronologi kejadian sebenarnya.

Berdasarkan kabar yang beredar seperti dilansir Foxsport.ph, Roger Casugay dipuji lantaran menyelamatkan pesaingnya, Arif Nurhidayat, yang tenggelam di laga semifinal SEA Games 2019. Insiden itu terjadi saat keduanya menjalani semifinal selancar kategori Mens’s Longboard.

Tekuk Myanmar 4-2, Timnas Indonesia ke Final SEA Games 2019

“Jadi waktu Arif mau paddle ke tengah, datang ombak besar yang berakibat talinya putus dan Arif berenang ke tengah menghindari impact zone. Dan memberikan sinyal tanda oke ke judge tower sambil menunggu board caddy-nya nyemplung ke laut membawa papan cadangannya,” terang Ketua Umum PB PSOI, Arya Subyakto, seperti dilansir Detik.com, Sabtu (7/12/2019).

Arya Subyakto menambahkan, sinyal oke dari Arif disalahartikan sebagai distress call. Sehingga judge tower menginstruksikan agar Roger Casugay mendayung ke arah Arif yang membuat pertandingan dihentikan.

“Mereka berdua disuruh balik ke pantai dengan papannya Roger,” sambung Arya Subyakto.

Prajurit Kodim Jepara Sumbang Emas SEA Games 2019

Menurut Arya Subyakto, pertandingan semifinal Men’s Longboard itu dihentikan sementara pada menit ke-18 dari total 30 menit. Kemungkinan pertandingan akan diulang, Minggu (8/12/2019).

“Kami tetap salut dengan sikap Roger yang ingin membantu walaupun pada saat pertandingan dihentikan, dia sedang memimpin dengan skor yang lebih tinggi ketimbang skore Arif,” terang Arya Subyakto.

Klasemen Sementara SEA Games 2019: Hampir Capai Target, Indonesia Pepet Filipna

Selancar menjadi salah satu cabang olahraga yang paling parah di SEA Games 2019 akibat topan Kammuri. Pertandingan sempat tiga kali ditunda akibat cuaca buruk. Penyelenggara memprioritaskan atlet dan keselamatan penonton.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten