Kronologi Pekerja Meninggal di Pabrik Bata di Sragen, Terjepit Konveyor

Polisi menyebut kematian pekerja di pabrik bata ringan di Kecamatan Sambungmacan, Sragen adalah kecelakaan kerja. Korban yang asal Blitar, Jatim meninggal setelah terjepit konveyor.

 Aparat Polres Sragen dan Polsek Sambungmacan melakukan olah kejadian perkara di pabrik bata ringan di Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Rabu (10/8/2022). (Istimewa/Polres Sragen)

SOLOPOS.COM - Aparat Polres Sragen dan Polsek Sambungmacan melakukan olah kejadian perkara di pabrik bata ringan di Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Rabu (10/8/2022). (Istimewa/Polres Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah melakukan olah tenpat kejadian perkara di pabrik bata ringan di Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, polisi berhasil mengungkap kronologi kematian  pekerja, Rabu (10/8/2022). Pekerja yang meninggal itu bernama Slamet Hariyanto, 44, warga Blitar, Jatim.

Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, melalui Kapolsek Sambungmacan, Iptu Widarto, menerangkan kronologi peristiwa itu bermula seorang pekerja mengoperasikan ball mill sekitar pukul 11.30 WIB. Sementara korban merupakan operator alat berat jenis loader. Ia bertugas mengisi bahan baku berupa pasir pada hoper dengan menggunakan loader.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ball mill adalah jenis mesin untuk menggiling atau mencampur bahan untuk digunakan dalam proses pembuatan bata ringan. Sementara loader adalah mesin alat berat yang digunakan dalam konstruksi untuk memindahkan atau memuat material seperti tanah, batu, atau pasir.

“Pada saat bekerja itulah, operator ball mill melihat korban mendekat bagian bawah hoper dan tersangkut konveyor. Operator ball mill itu mendekati korban yang sudah dalam kondisi terjepit konveyor. Kemudian pekerja itu mematikan mesin ball mill dan memanggil pekerja lainnya. Mereka kemudian bersama-sama melepaskan korban dari konveyor. Saat itu korban sudah meninggal dunia,” ujar Kapolsek.

Baca Juga: Warga Blitar Meninggal di Pabrik Bata Ringan di Sambungmacan Sragen 

Konveyor adalah bagian umum dari peralatan penanganan mekanis untuk memindahkan material dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Konveyor ini berguna untuk pengangkutan material berat atau besar.

Widarto menyatakan polisi sudah meminta keterangan tiga saksi. Polsek masih menyelidiki dugaan kecelakaan kerja tersebut.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Nazar Raja Medang Lahirkan Akses Penyeberangan Kuno Sungai Bengawan Solo

      Bukti adanya akses penyeberangan kuno Sungai Bengawan Solo yang dibangun pada masa Kerajaan Medang atau Mataram Kuno tertuang dalam Prasasti Telang yang ditulis pada 6 Poroterang bulan Posya tahun 825 Saka (11 Januari 903 M).

      Berita Terkini

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.

      Imbas Harga BBM Naik, Polda Jateng Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Boyolali

      Polda Jateng memberikan bantuan berupa paket beras kepada warga Boyolali yang terdampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Ini Daftar Parpol di Wonogiri yang Dilaporkan Mencatut Nama Warga

      Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri memperoleh laporan warga yang merasa namanya dicatut sebagai anggota partai politik (parpol).

      Muncul Jembatan Sasak Ketiga di Plumbon Sukoharjo, Proses Dibangun Jumat Ini

      Warga membangun jembatan sasak ketiga di Desa Plumbon, Mojolaban Sukoharjo, menghubungkan dengan wilayah Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Jumat (30/9/2022).

      Bakal Ada Patroli Besar-Besaran Tim Gabungan Sragen Mulai Malam Ini

      Polres Sragen menggandeng sejumlah instansi lain terkait akan menggelar operasi besar-besaran dalam rangka menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

      161 Nama Warga Wonogiri Dicatut Parpol, KPU Lakukan Klarifikasi

      Sebanyak 161 nama warga di Wonogiri dicatut sebagai anggota Parpol.

      Jaga Netralitas, Bawaslu Sragen Larang ASN Like dan Share Postingan Kampanye

      Bawaslu Sragen mewanti-wanti ASN untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan Pemilu 2024. Salah satunya dengan tidak like, share materi kampanye di media sosial.

      Audiensi dengan Pemkot Solo, Walhi Minta Amdal PLTSa Putri Cempo Dievaluasi

      Walhi Jateng mendesak Pemkot Solo mengevaluasi amdal PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, salah satunya karena khawatir dampak ekonomi pada pemulung.

      Polres Antisipasi Kejahatan di Boyolali: Waspada Jalur Arteri Solo - Semarang

      Polres Boyolali mewaspadai gangguan kejahatan Boyolali khususnya di jalur arteri Solo - Semarang dan sebaliknya.

      Tarik Pungli, Eks Camat dan Eks Kades di Wonogiri Dijebloskan ke Sel Tahanan

      Eks Camat Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, SM dan eks Kepala Desa (Kades) Sendangagung, Kecamatan Giriwoyo, SK, tersandung kasus tindak pidana korupsi pungutan liar (pungli) Program Nasional Agraria (Prona) Kecamatan Giriwoyo 2016.

      Duh, 1.445 Honorer Karanganyar Tak Lolos ke Pendataan BKN

      Sebanyak 1.445 tenaga Honorer di Karanganyar yang tak masuk data BKN. Untuk sementara, situasi ini tak memberikan dampak apa-apa bagi mereka, namun belum tahu ke depannya.

      Sambut Pilkada 2024, Polres Boyolali Bentuk Satuan Khusus Jaga Kamtibmas

      Polres Boyolali membentuk Timsus Simo untuk menjaga Kamtibmas Boyolali jelang Pilkada 2024.