SOLOPOS.COM - Kondisi mobil Daihatsu Ayla putih berpelat nomor AD 9169 YV yang terjun bebas di saluran irigasi Dukuh Kentengsari RT001/RW001 Wirun, Mojolaban, Sukoharjo pada Selasa (29/11/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Kejadian laka tunggal mobil  yang masuk saluran irigasi Bengawan Solo di Dukuh Kenteng, Desa Dukuh, Mojolaban, Sukoharjo terjadi lantaran pengemudi mengikuti panduan rute Google Maps.

“Pada Senin, (28/11/2022) sekitar pukul 22.30 WIB korban dari arah Juwiring, Kabupaten Klaten berniat untuk pergi ke rumah Suroto, 42 yang beralamatkan di desa Dukuh Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Suroto mengirimkan lokasi rumahnya melalui Google Maps, kemudian korban sampai ke tempat kejadian perkara (TKP) melalui jalan tanggul dan terjadi laka tunggal sekitar pukul 23.00 WIB,” terang Kapolsek Mojolaban, AKP Tarto saat dikonfirmasi Selasa (29/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepolsek mengatakan pihaknya mendapat laporan dari warga sekitar pukul 08.00 WIB pada Selasa. Warga melaporkan ada kecelakaan tunggal, mobil masuk ke saluran irigasi Bengawan Solo.

Sementara pengemudi yang sekaligus korban tunggal, Adi Susanto, 39 asal Tegalan RT 002/RW 003, Bolopleret, Juwiring, Klaten selamat dalam kejadian nahas itu.

Baca juga: Pakai Google Maps, Mobil Ayla Nyungsep di Saluran Irigasi Mojolaban Sukoharjo

“Korban selamat lalu mendatangi Suroto di rumahnya dan mengatakan jika korban telah mengalami kecelakaan. Mobil yang dibawanya masuk ke dalam saluran irigasi Bengawan Solo, karena korban mengikuti rute yang ditunjukkan Google Maps. Seketika itu Suroto langsung mengajak Pariyono, 37 dan korban menuju ke lokasi kecelakaan memastikan kondisi mobil,” terang AKP Tarto.

Usai tiba di lokasi kejadian yang tak jauh dari rumah Suroto terlihat mobil sudah masuk ke sungai dan terjepit di saringan sungai irigasi Bengawan Solo. Melihat hal tersebut Suroto berusaha menarik mobil dibantu Pariyono namun nihil.

Keesokan harinya Suroto langsung menghubungi Polsek Mojolaban dan truk derek untuk menarik mobil yang masuk ke saluran irigasi. Karena korban merasa trauma kemudian korban langsung diantarkan Suroto pulang ke rumah.

“Jadi saat mengikuti Google Maps korban salah arah dan saat akan memutar mobil malah terperosok dan masuk ke saluran irigasi,” terang Kapolsek.

Usai kejadian tersebut kerugian ditaksir mencapai ratusan juta karena mobil ringsek. Sementara tidak ada barang bukti yang diamankan kepolisian, mobil ringsek tersebut langsung dibawa ke bengkel.

Baca juga: Kecelakaan Tunggal, Mobil Pikap Tabrak Pohon di Banyumas, 2 Orang Meninggal

Dikabarkan sebelumnya, Mobil Daihatsu Ayla putih berplat nomor AD 9169 YV terjun bebas di saluran irigasi Dukuh Kentengsari RT001/RW001 Wirun, Mojolaban, Sukoharjo. Evakuasi mobil mendatangkan alat berat pada Selasa (29/11/2022).

“Hanya ada satu penumpang dalam mobil, tapi katanya korban selamat. Asalnya dari Juwiring, Klaten dan sudah dipulangkan,” terang warga setempat Indra saat dijumpai di lokasi kejadian, Selasa.

Proses evakuasi dilakukan pada Selasa pagi menggunakan mobil crane namun sempat tak kuat hingga akhirnya harus berganti mobil. Proses evakuasi dilakukan oleh sukarelawan, warga Polsek Mojolaban hingga Koramil/10 Mojolaban.

Proses evakuasi itu berhasil dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan mobil crane dan juga mobil pikap yang menarik dari belakang.

Proses evakuasi berlangsung dramatis karena saluran irigasi tersebut dialiri arus yang deras dan cukup sempit sehingga mobil sempat terjepit.  Saat berhasil terangkat kondisi mobil ringsek hampir di seluruh bagian.

Baca juga: Ikuti Petunjuk Google Maps, Truk Muat Semen Terguling di Salatiga

Kaca mobil depan remuk, bamper depan bagian samping serta bamper belakang mobil terpantau remuk. Sementara pada bagian belakang mobil sebelah kiri ringsek akibat terjepit di saluran irigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya