SOLOPOS.COM - Kondisi truk kontainer berpelat nomor B 9033 HEV terguling pascaterlibat kecelakaan dengan mobil berpelat nomor A 1513 TT di Simpang Solidaritas Boyolali, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali pada Senin (27/6/2022) pagi. (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Truk kontainer dan mobil terlibat kecelakaan lalu lintas di Simpang Solidaritas di Kragilan Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Senin (27/6/2022) pagi. Penyebab kecelakaan itu diduga karena sistem rem truk kontainer tidak berfungsi maksimal.

Menurut keterangan kepolisian, kecelakaan melibatkan mobil Toyota Avanza berpelat nomor A 1513 TT dengan truk kontainer berpelat nomor B 9033 HEV itu tak menimbulkan korban jiwa. “Iya ada kecelakaan melibatkan truk kontainer dengan mobil. [Penyebab kecelakaan] tromol rem dalam keadaan panas. Jadi rem tidak berfungsi dengan baik. [Truk kontainer] dari arah Semarang menuju Solo,” tutur Kanit Gakkum Polres Boyolali, Ipda Bambang Nova, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Senin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menjelaskan kronologi kecelakaan itu bermula saat truk kontainer tiba-tiba menabrak mobil Toyota Avanza yang tengah parkir di bahu jalan Simpang Solidaritas Boyolali. Setelah itu, lanjut dia, truk kontainer terguling. “Untuk korban nihil. Truk kontainer bermuatan plastik,” ungkapnya menjelaskan.

Sementara pemilik mobil yang terlibat kecelakaan, Yarno, 58, menyampaikan kecelakaan terjadi sekitar pukul 08.10 WIB. Waktu itu, dirinya bersama istri dan keponakan sedang berfoto-foto di Simpang Solidaritas Boyolali.

Sebagai informasi, Simpang Solidaritas Boyolali atau bisa disebut Bunderan Solidaritas terdapat replika Candi Borobudur, Masjid Taj Mahal, patung Spinx, dan Piramid. Saat kejadian, Yarno memarkirkan mobilnya di sisi jalan bagian utara Simpang Solidaritas Boyolali dan berfoto.

Baca juga: Ringsek! Kondisi Mobil & Truk yang Laka di Simpang Solidaritas Boyolali

“Saya ini perjalanan dari Tamansari ke Cilegon. Habis ada acara dari kampung,” kata dia kepada wartawan di lokasi kejadian. Yarno menyampaikan kondisi dirinya, istri, dan keponakannya baik-baik saja pascakecelakaan. Ia mengungkapkan bagian belakang truk menabrak bagian depan mobilnya.

Menurut sopir truk kontainer, Saepul, 31, dirinya bersama kenek sedang perjalanan dari Semarang menuju Solo membawa truk bermuatan biji plastik. Namun, kondisi truk kontainer terguling di jalan menikung. Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, truk terguling setelah menabrak mobil.

Ia mengatakan penyebab truk yang dikemudikannya menabrak mobil karena rem blong. “Saya dan kenek dalam keadaan selamat,” kata dia.

Baca juga: Unik! Ini Cara Desa Promosikan Waduk Bade & Bukit Wonopotro di Boyolali

Lebih lanjut, dengan adanya kejadian itu, Ipda Bambang Nova mengimbau pengendara berhati-hati di jalan termasuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

“Agar selalu berhati-hati dalam berkendara. Jangan terlalu memaksakan mengemudi kendaraan dalam keadaan lelah. Selalu cek kondisi kendaraan sebelum berkendara,” tutur dia. Bambang juga mengingatkan agar pemilik kendaraan memarkirkan kendaraan di tempat yang telah disediakan, seperti kantong parkir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya