SOLOPOS.COM - Bangkai pesawat yang jatuh dibalut terpal biru tertutup dievakuasi oleh petugas di area gedung PT Dirgantara Indonesia Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/9/2012). Pesawat jenis Bravo 202 milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) jatuh saat melakukan manuver di udara pada acara Bandung Air Show 2012, pilot Marsekal Muda Purn Nurman Lubis dan asisten pilot Toni berada di dalam pesawat meninggal dunia. (Rachman/JIBI/Bisnis Indonesia)

Bangkai pesawat yang jatuh dibalut terpal biru tertutup dievakuasi oleh petugas di area gedung PT Dirgantara Indonesia Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/9/2012). Pesawat jenis Bravo 202 milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) jatuh saat melakukan manuver di udara pada acara Bandung Air Show 2012, pilot Marsekal Muda Purn Nurman Lubis dan asisten pilot Toni berada di dalam pesawat meninggal dunia. (Rachman/JIBI/Bisnis Indonesia)

BANDUNG--Berikut kronologi peristiwa terjatuhnya pesawat latih Pesawat AS-202 Bravo FASI Reg.LM-2003 dalam hajatan Bandung Air Show di kawasan Bandara Husein Sastranegara Bandung, Sabtu (29/9/2012):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  • Pukul 11.00 WIB        : Persiapan take off
  • Pukul 11.30 WIB        : Pesawat take off
  • Pukul 11.37 WIB        : Pesawat jatuh di kawasan gedung Dinas Penelitian & Pengembangan TNI AU
  • Pukul 11.40 WIB        :  Pilot Marsma TNI (Purn) Dr. Norman T. Lubis dan    kopilot Capt.Toni Hartono, dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dalam kondisi hangus terbakar. Tidak lama setelah tiba di rumah sakit, kedua korban menghembuskan nafas terakhir
  • Pukul 12.40-13.40 WIB    : Landasan pacu Bandara Husein Sastranegara ditutup sementara demi keamanan penerbangan umum dan kelancaran evakuasi korban/pesawat
  • Pukul 13.50 WIB                  : Landasan pacu Bandara Husein Sastranegara dibuka kembali untuk penerbangan umum

Menurut Umar Sugeng, Komandan Lanud Husein Sastranegara sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara Bandung Air Show 2012, jatuhnya pesawat latih Bravo side by side 202 dengan nomor regristasi LM 2003 buatan tahun 1976 milik TNI AU itu karena total loss.

Ekspedisi Mudik 2024

Kedua korban tercatat sebagai anggota Federasi Aeorosport Indonesia (FASI) Kota Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya