Kronologi Bentrok Suporter di Jogja, Berawal dari Konvoi

Konvoi sebuah kelompok suporter di Jogja berujung pada bentrok keesokan harinya, Rabu (1/12/2021). Konvoi itu dilakukan dengan menggembor-gemborkan motor.

 Tangkapan layar video bentrokan suporter di Jogja. (Twitter)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video bentrokan suporter di Jogja. (Twitter)

Solopos.com, SLEMAN – Konvoi sebuah kelompok suporter di Jogja berujung pada bentrok keesokan harinya, Rabu (1/12/2021). Konvoi itu dilakukan dengan menggembor-gemborkan motor.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah suporter terlibat bentrok di jalan Laksda Adisutjipto, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY, Rabu (1/12/2021). Situasi bentrokan ini pun mencekam sehingga membuat aparat kepolisian turun tangan.

Salah seorang warga sekitar, Kokoh, mengungkapkan kejadian ini merupakan kelanjutan dari kericuhan yang berlangsung pada Selasa (30/11/2021) malam sekira pukul 21.30 WIB. “Dari BM [Braja Musti, kelompok suporter pendukung PSIM Jogja] ada yang jatuh, dikeroyok,” ujarnya seperti dilansir Harianjogja.com.

Baca Juga: PSIM Jogja Lolos ke 8 Besar, Seto: Salam untuk Mas Kaesang

Pada malam itu kelompok suporter dari PSIM melakikan konvoi dan melewati jalan Laksda Adisutjipto. Adapun pengeroyok menurutnya merupakan gabungan baik warga maupun kelompok suporter lain yang berbasis di wilayah tersebut. Kericuhan malam itu berhasil diredam setelah kedatangan polisi.

Ia mengungkapkan bukan kali ini saja kelompok suporter konvoi di wilayah itu dengan menggembor-gemborkan motor. Oleh karenanya membuat emosi warga maupun kelompok suporter lain yang berbasis di wilayah itu. “Kan di situ basisnya [suporter] PSS antara setelah jembatan sampai Amplaz [Ambarukmo Plaza],” ungkapnya.

Setelah kericuhan malam itu, diduga sebagai aksi balasan, kelompok suporter yang sama kembali konvoi di lokasi yang sama. Kokoh menyebut konvoi tersebut melibatkan cukup banyak orang, hingga memenuhi sepanjang jalan dari jembatan hingga simpang tiga UIN Sunan Kalijaga.

Baca Juga: Mantap! Kalahkan Persipa, Persebi Jaga Rekor Menang di Liga 3 Jateng

Ia menceritakan rombongan ini datang sekira pukul 13.00 WIB dan langsung terjadi bentrok. “Warga sini rumahnya dibandemi yo ra trimo. Sampai nutup jalan, orang udah enggak berani jalan daripada kena botol. Karena mereka bawanya botol. Rata-rata gir, kayu, botol,” ungkapnya.

Di pihak warga ia juga mengakui ada yang membawa senjata bahkan senjata tajam. Bentrokan mulai mereda pukul 15.00 WIB dan berakhir sekira pukul 15.30 WIB. Ia menyesalkan adanya kejadian tersebut karena membuat pedagang di sekitar lokasi termasuk dirinya takut dan harus tutup.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Arhan & Dewangga Dapat Panggilan Timnas untuk FIFA Matchday

Dua pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, mendapat panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday.

Pembalap Dorna Sports Ogah Dikarantina, IDI: Tak Ada Kecuali!

Diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika tahun 2022 ini.

Gibran Ajukan Solo Jadi Tuan Rumah Liga 1 Lagi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mengajukan Stadion Manahan Solo sebagai venue Liga 1.

Duh! Moto GP Mandalika Bisa Terancam Gegara Aturan Karantina

Baru-baru ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan tak mau menggelar balapan di negara yang menerapkan karantina untuk pembalap hingga kru.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

West Bandits Solo Menang Lagi, Begini Respons Gibran

West Bandits Combiphar Solo mencatat kemenangan telak atas Prawira Bandung dengan skor 77-57 pada hari ketiga IBL Tokopedia 2022.

Duh! Eks Striker Persis Solo Beto Goncalves Jadi Korban Penjambretan

Mantan penyerang Persis Solo, Alberto Goncalves atau yang akrab disapa Beto, menjadi korban penjabretan saat berada di Bali.

Daftar Lengkap Pemain Persis Youth: Jebolan Klub Belanda hingga Kroasia

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Piala Wali Kota Solo Diikuti Tim Liga 1, Gibran: Lha Persis Wis Promosi

Piala Wali Kota Solo rencananya akan tetap digelar setelah sempat tertunda. Peserta turnamen tersebut kemungkinan berubah yakni hanya tim yang berlaga di kompetisi BRI Liga 1.

DBL Kembali Bergulir, Solo Jadi Tuan Rumah

Honda DBL Central Java Series kompetisi basket antarpelajar SMA bakal digelar Sritex Arena, 27 Januari hingga 5 Februari 2022.

Piala Wali Kota Solo Tetap Digelar, Tim Atta Halilintar Absen

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana tetap menggelar Piala Wali Kota Solo yang sebelumnya sempat tertunda karena lonjakan kasus Covid-19.

Ini Dia Pemain Persis Youth yang Pernah Berkarier di Liga Belanda

Persis Solo Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Dalam daftar skuad yang terbentuk, terdapat sejumlah pemain yang berpengalaman di kancah Eropa.

PSSI Tegaskan Posisi Shin Tae-yong Aman

Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat dikhawatirkan oleh sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menyusul pernyataan dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Skuad Mentereng Persis Solo Youth, Jebolan Timnas hingga Liga Luar

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Heboh Anggota Exco PSSI Kritik Shin Tae-yong hingga Tersinggung

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemtiro, tengah menjadi perbincangan di dunia maya setelah dirinya mengkritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.