SOLOPOS.COM - ilustrasi helikopter (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dua helikopter milik tentara Malaysia jatuh setelah tabrakan saat latihan pada Selasa (23/4/2024). Peristiwa ini terjadi di dekat pangakalan Angkatan Laut, Lumut, Perak. Akibat kecelakaan tersebut, sebanyak 10 awak helikopter angkatan laut itu meninggal dunia.

“Kedua helikopter bertabrakan saat latihan penerbangan. Kesepuluh korban di dalamnya telah dipastikan tewas oleh petugas medis,” kata Komandan Operasi Senior Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Suhaimy Mohamad Suhail.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dua helikopter yang bertabrakan yakni AW139 dan Fennec M502-6. Menurut laporan awal, video kejadian tersebut menunjukkan salah satu helikopter menghantam rotor helikopter lainnya sebelum keduanya jatuh ke tanah. Setelah itu, helikopter Fennec jatuh ke dalam kolam renang kompleks olahraga.

Dikutip dari The Star, kedua helikopter berangkat dari Lapangan Sitiawan pada pukul 09.03 itu jatuh saat latihan perayaan Hari Angkatan Laut ke-90. 10 awak yang menjadi korban tersebut, diketahui tiga awak dari helikopter Fennec, sementara tujuh awak dari helikopter AW139.

“Semua korban dipastikan tewas di lokasi dan jenazahnya dikirim ke Rumah Sakit Militer TLDM untuk proses identifikasi,”tulis pernyataan resmi TLDM.

TLDM juga akan membentuk badan investigasi untuk mengetahui penyebab terjadinya tabrakan helikopter tersebut. Adapun video detik-detik kecelakaan helikopter tersebut juga sempat diunggah oleh akun Twitter @Marchfoward pada Selasa (23/4/2024).

Dari video yang beredar terlihat salah satu helikopter serong ke kanan hingga mengenai baling-baling helikopter yang lain. Puing baling-baling pun terlihat, kemudian diikuti dengan terjatuhnya helikopter ke tanah. Suara dentuman keras pun terdengar setelah kecelakaan tersebut terjadi.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kronologi Detik-detik Dua Helikopter Militer Malaysia Tabrakan yang Tewaskan 10 Orang”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya