Kronologi 10 Mahasiswa UNS Solo Ditangkap Polisi Saat Presiden Jokowi Datang ke Kampus

Sebanyak 10 mahasiswa anggota BEM UNS Solo ditangkap polisi akibat menggelar aksi di depan kampus bertepatan dengan kunjungan Presiden Jokowi pada Senin (13/9/2021).

 Mahasiswa anggota BEM UNS Solo menggelar aksi membentangkan poster bertepatan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke kampus setempat, Senin (13/9/2021). (Istimewa/BEM UNS Solo)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa anggota BEM UNS Solo menggelar aksi membentangkan poster bertepatan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke kampus setempat, Senin (13/9/2021). (Istimewa/BEM UNS Solo)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 10 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang diamankan aparat keamanan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi kampus tersebut, Senin (13/9/2021) ternyata anggota BEM.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS, Zakky Musthofa Zuhad mengonfirmasi bahwa 10 mahasiswa tersebut adalah rekannya. Mereka kini dibawa ke Mapolresta Solo. Kejadian ini bermula saat perwakilan BEM se-UNS menyuarakan aspirasi dengan membentangkan poster di depan kampus pada Senin siang sekitar pukul 10.59 WIB.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com dari BEM UNS Solo, salah seorang mahasiswa yang membentangkan poster di halte UNS Solo diamankan petugas keamanan pada pukul 11.13 WIB dan dibawa dengan mobil berwarna hitam. Selanjutnya, dua mahasiswa lain menghampiri teman yang diamankan, sehingga ketiganya dibawa dengan mobil yang sama.

Baca juga: Kisah Petani Ikan di Waduk Mulur Sukoharjo Berburu Ikan Predator Berharga Jutaan

Selanjutnya petugas mengamankan empat mahasiswa lain dengan mobil putih. Keempat mahasiswa ini sempat digeledah petugas sebelum dibawa ke Mapolresta Solo. Terakhir, aparat mengamankan tiga mahasiswa lain yang hendak menyampaikan asprirasi di depan kampus.

Sampai berita ini diturunkan, 10 mahasiswa anggota BEM UNS Solo itu masih berada di Mapolresta Solo. Ketua BEM UNS Solo, mengatakan tidak mengerti kenapa rekan-rekannya diamankan aparat keamanan saat menyampaikan aspirasi.

“Sekarang mereka dibawa ke Mapolresta [Solo]. Tadi teman-teman hanya ingin menyampaikan aspirasi lewat poster, tapi kemudian ditangkap. Kami juga tidak tahu salah kami di mana. Kami tertib, tidak berkumpul, poster-poster yang dibentangkan juga isinya sopan,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com.

Baca juga: 10 Mahasiswa Ditangkap Saat Presiden Jokowi Kunjungi UNS Solo

Zakky menjelaskan, bahwa aksi dilakukan agar aspirasi mereka didengar oleh Presiden Jokowi secara langsung.

”Kami pernah sampaikan pesan ‘Bawa Pulang Jokowi’. Dan hari ini Pak Jokowi ke UNS. Ini jadi momentum kami untuk sampaikan aspirasi. Tentu [aspirasi tersebut] ada kaitannya dengan Pak Jokowi sebagai presiden. Nah kami ingin mengekpersikan keluhan kami ke Pak Presiden,” imbuhnya.

Zakky menambahkan pihaknya telah meminta diberikan ruang untuk menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi. Akan tetapi permintaan itu ditolak sehingga mereka melakukan aksi membentangkan poster untuk menyuarakan aspirasi.

“Kami sudah mencoba minta kepada kampus agar kita diberikan ruang untuk memberikan kajian, pesan, refleksi kepada Pak Jokowi, tapi tidak diperkenankan, sehingga kami sampaikan aspirasi dengan poster. Menurut kami posternya juga sangat sopan. Misalnya ‘Pak Jokowi Ayo Benahi KPK, Ayo Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu’,” imbuhnya.

Baca juga: Bikin Penasaran, Ini Pemilik Monstera King Variegata yang Dibeli Warga Solo Rp225 Juta

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak belum memberikan tanggapan mengenai penangkapan mahasiswa tersebut. “Sebentar ya, saya mau pengamanan dulu,” ujarnya di lokasi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi berkunjung ke UNS Solo untuk beraudiensi dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN). Pertemuan tersebut digelar di Fakultas Kedokteran. FK).

Audiensi diikuti 35 rektor PTN se-Indonesia secara tatap muka. Sedangkan 55 rektor PTN lainnya (bersama wakil rektor dan pimpinan kampus) mengikuti acara secara daring (dalam jaringan) di kota masing-masing.

Baca juga: Duh… Atap Kelas Ambruk, Siswa SD Inpres di Patihan Sragen Belajar di Musala

Rektor UNS sekaligus Ketua MRPTN, Jamal Wiwoho, mengatakan di antara agenda audiensi tersebut antara lain penyampaian vaksinasi di PTN, pembelajaran/perkuliahan tatap muka (PTM) di kampus, dan peran PTN dalam membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Seperti kita ketahui bahwa vaksinasi Covid-19 di PTN ada yang sudah komplet, ada yang baru dosis pertama, bahkan ada yang belum. Ini akan kita sampaikan,” ujar Rektor UNS sekaligus Ketua MRPTN, Jamal Wiwoho, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (12/9/2021).

Namun pertemuan tersebut tidak diperbolehkan diliput media. Sementara itu, area kampus juga disterilkan. Pengunjung maupun warga kampus yang tidak berkepentingan langsung dengan acara itu tidak diizinkan masuk kampus sejak dari pintu gerbang utama.

Pantauan Solopos.com di bulevar UNS Solo, petugas keamanan kampus dan aparat keamanan gabungan melakukan penjagaan dengan ketat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 18 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 18 Agustus 2022, Cerah Berawan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (18/8/2022), akan lebih banyak berawan tanpa potensi hujan.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Stabil Berawan

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 18 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      KRL Solo-Jogja Berangkat 3 Kali dari Stasiun Palur, Cek Jadwalnya!

      KRL Solo-Jogja sampai Palur yang mulai beroperasi pada Rabu (17/8/2022) melayani masing-masing tiga kali keberangkatan dari Stasiun Palur dan tiga kali keberangkatan dari Yogyakarta.

      Dapat Remisi 2 Bulan, 2 Napi Pencurian Langsung Bebas dari LP Sragen

      Sebanyak 278 orang napi LP Kelas IIA Sragen mendapatkan remisi HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan dua di antaranya langsung bebas.

      Unik! Begini Cara Warga Kampung Pancasila Solo Peringati HUT ke-77 RI

      Upacara peringatan HUT RI di Kampung Pancasila Solo di Jagalan, Jebres, berlangsung unik di mana petugas pengibar benderanya semua ibu-ibu.

      Viral Lagi, Ini Profil Lengkap Pencipta Ojo Dibandingke Asal Boyolali

      Profil lengkap penyanyi dan pencipta lagu Ojo Dibandingke asal Boyolali, Abah Lala, yang aktif mengampanyekan seni tradisi serta menciptakan daftar lagu populer dengan Bahasa Jawa.

      Lansia 70-an Tahun di Sukoharjo jadi Petugas Upacara, Intip Keseruannya

      Para warga lanjut usia (lansia) di Desa Kluwih RT 001/RW 004, Lengking, Bulu, Sukoharjo, penuh semangat menjadi pengibar bendera dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di desa setempat, Rabu (17/8/2022).

      Cegah Pungli seperti di Tirtonadi Solo, Ini Langkah BPTD Jateng-DIY

      Kasus pungli oknum pegawai Terminal Tirtonadi Solo, beberapa waktu lalu, menjadi tamparan keras bagi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng dan DIY.

      Selamat! Ketua DPRD Karanganyar Dikukuhkan jadi Warga Kehormatan PSHT

      Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) 17 Cabang Karanganyar Pusat Madiun mengukuhkan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo sebagai warga kehormatan PSHT.

      Lahir 17 Agustus, Bocah asal Sragen ini Diberi Nama Putri Merah Putih

      Seorang bocah asal Bumiaji, Gondang, Sragen memiliki nama unik yakni Putri Merah Putih dikarenakan lahir pada 17 Agustus.

      APBD Tak Mampu, Butuh Rp200 M untuk Bikin Jalan di Karanganyar Mulus

      Kerusakan jalan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sulit ditangani dengan hanya mengandalkan anggaran daerah. Dibutuhkan hingga Rp200 miliar untuk perbaikan jalan secara menyeluruh.

      155 Napi Rutan Solo Dapat Remisi HUT RI, 3 Orang Langsung Bebas

      Sebanyak 155 warga binaan pemasyarakatan Rutan Klas I Solo mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman dalam rangka HUT RI, 3 orang langsung bebas.

      Nella Kharisma Konser di Karanganyar, 249 Aparat Keamanan Diterjunkan

      Ratusan personel gabungan TNI, Polisi, dan Satpol PP bakal diterjunkan ke lapangan untuk mengamankan konser musik dangdut Nella Kharisma di lapangan Alun-alun Karanganyar, Jumat (19/8/2022) malam.

      Terminal Tirtonadi Solo Lepas 77 Balon, Ada Voucer Uang Tunainya Lho

      Terminal Tirtonadi Solo merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan melepas 77 balon merah putih dan 10 di antaranya ditempeli voucer uang tunai.

      HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

      Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).