SOLOPOS.COM - Overpass di Jl DI Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, sudah tersambung. Foto diambil Rabu (9/3/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pengoperasian kereta rel listrik atau KRL rute Solo-Palur saat ini tinggal menunggu selesainya peninggian overpass di Jl DI Panjaitan, Gilingan, Solo. Proses elektrifikasi untuk KRL jalur tersebut juga terus dikebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Solo, Hari Prihatno, mengaku mendapatkan informasi terkait rencana realisasi KRL Solo hingga Stasiun Palur di Karanganyar itu dari PT KAI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bahkan ada wacana jalur kereta listrik akan diperpanjang hingga Sragen jika rute Solo-Palur terealisasi dengan baik. Namun kemungkinan itu proyeksi jangka panjang,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Overpass DI Pandjaitan Solo Telah Tersambung, Ini Foto-Fotonya

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, Hari mengatakan Dishub Solo siap membantu percepatan realisasi KRL Solo-Palur. Termasuk mendukung integrasi antarmoda di sekitar Stasiun Palur.

“Kebetulan kan BST sudah sampai di Palur. Kami tinggal mendekatkan posisi busnya saja ke stasiun. Agar penumpang bus yang mau ke stasiun bisa lebih mudah,” terangnya.

Sementara untuk integrasi ticketing atau sistem pembayaran, Hari mengatakan masih menunggu keputusan dari Kementerian Perhubungan. “Jadi gimana nanti mekanismenya, tergantung pusat. Yang penting kami di daerah siap mendukung,” ujarnya.

Baca Juga: Ditarget Kelar Akhir Maret, Begini Progres Overpass DI Pandjaitan Solo

Progres Overpass dan Elektrifikasi

Sementara itu, Vice Presiden Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba tidak menjawab panggilan Solopos.com yang menghubungi nomor teleponnya, Rabu (9/3/2022).

Berdasarkan catatan Solopos.com, proyek peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, untuk mengakomodasi KRL Solo-Palur ditargetkan selesai akhir Maret ini. Saat ini progres proyek itu sudah mencapai 60,33%.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, mengatakan peninggian overpass tersebut ditargetkan selesai pada akhir Maret 2022. Kemudian pada April sudah mulai finishing.

Baca Juga: Elektrifikasi Jalur KRL Stasiun Solo Balapan-Palur Sudah 73% Lur

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Tengah terus mengebut pembangunan elektrifikasi Stasiun Solo Balapan-Palur untuk mendukung pengoperasian kereta rel listrik atau KRL.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jateng, Putu Sumarjaya, mengatakan perkembangan elektrifikasi jaringan itu sudah mencapai 73%. Rencana pengujian dinamis dilakukan pada Agustus dan target selesai atau operasional pada September.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya