KRL Solo-Jogja Kadang Tak Tepat Waktu, Penumpang Berharap Pelayanan Lebih Baik
KRL Jogja-Solo berhenti di Stasiun Solo Balapan pada hari pertama pengoperasian, Rabu (10/2/2021). (Solopos/Farida Tristaningtyas)

Solopos.com, SOLO-- Pelayanan KRL relasi Jogja - Solo dinilai masih kurang maksimal seperti KA Prambanan Ekspres. Salah satu pengguna KRL, Sari Dewi, berharap pelayanan KRL lebih baik minimal sama dengan KA Prambanan Ekspres.

Menurutnya sebagai pelaju Solo - Jogja ia butuh kepastian jam dan slot untuk naik KA. Sayangnya, ia kerap tak bisa naik KRL sesuai jadwal yang diinginkan karena sudah penuh.

“Kalau KA Prameks kita bisa pesan tiket, jadi ada kepastian. Misalkan saya berangkat 15 menit sebelumnya ya aman karena sudah pegang tiket. Sementara KRL kita enggak tahu langsung bisa naik apa tidak karena banyaknya orang. Saya mau naik yang pukul 16.00 WIB, pukul 14.00 WIB sudah harus di stasiun,” ungkap dia.

Baca Juga: KB Bukopin Siap Menjadi Bintang Finansial Indonesia

Hal serupa diungkapkan pengguna lain, Ata. Selain tidak ada kepastian berangkat beberapa kali KRL tidak tepat waktu. Pihaknya berharap sebagai transportasi pelayanan publik, KRL baiknya semakin bikin nyaman pengunanya dibandingkan dengan pendahulunya, KA Prameks.

“KRL sempat mandeg saat sebelum masuk Stasiun Klaten, kondektur memberitahu jika KRL masih menunggu sinyal masuk, sekitar 30 menit berhenti. Terkadang harus mengalah dengan KA lain yang mau lewat. Selain itu, juga enggak ada kepastian dapat slot karena berebut tempat,” jelas dia.

Jadwal Tambahan

Sebelumnya, KAI Commuter meneruskan pengoperasian dua jadwal KRL tambahan di wilayah Jogja-Solo yang sebelumya melayani sejak 15 Februari 2021.

Baca Juga: Tips Menjaga Sepeda Motor Menghadapi Kondisi Banjir

Sebanyak dua jadwal tambahan perjalanan KRL ini akan beroperasi setidaknya selama satu pekan mulai 22 – 28 Februari 2021. Sementara jadwal dan relasi sama dengan penambahan perjalanan KRL sebelumnya, yakni satu jadwal kereta tambahan dengan relasi Solo Balapan – Jogja pukul 15.32 WIB dan kereta tambahan relasi Jogja – Solo Balapan pukul 17.10 WIB.

Manager External Relations PT KCI, Adly Hakim, membeberkan penambahan dua perjalanan KRL tersebut untuk memenuhi kebutuhan pengguna khususnya pada hari kerja. Menurutnya, jadwal tersebut sudah mencukupi.

“Pada akhir pekan biasanya jumlah pengguna lebih tinggi sehingga kami masih evaluasi yang paling sesuai dengan kebutuhan pengguna,” ungkap dia.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom