SOLOPOS.COM - KRL Jogja-Klaten saat berada di Stasiun Klaten, Rabu (28/10/2020). (Istimewa-Dokumentasi Dishub Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Kereta Rel Listrik (KRL) Solo-Jogja yang akan beroperasi pada awal 2021 akan berhenti di 11 stasiun kereta. Jumlah itu, jauh lebih banyak dibandingkan dengan kereta api Prameks yang selama ini beroperasi.

Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba, saat ditemui wartawan di Klaten, Jumat (4/12/2020) pagi, mengatakan keberadaan KRL akan menghidupkan kembali seluruh stasiun di Solo-Jogja. Hal itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian warga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Sebanyak 11 stasiun di Solo-Jogja akan digunakan untuk tempat berhentinya KRL. Penumpang bisa naik di stasiun di sepanjang Solo-Jogja. Soal harga tiket KRL sama dengan tiket Prameks," kata Anne Purba.

Dulu Pengin Jadi Pendamping, Wanita Cantik Ini Yakin Gibran Jadi Wali Kota Solo

Selain bakal menghidupkan 11 stasiun di Solo-Jogja, harga tiket KRL yang menempuh perjalanan Solo-Jogja selama 68 menit itu maksimal setara KA Prambanan Ekspres (Prameks) yang hanya Rp8.000.

Lantas mana saja stasiun kereta api yang akan menjadi tempat pemberhentian KRL Solo-Jogja? Selama ini Prameks yang menjadi kereta komuter Solo-Jogja hanya berhenti di beberapa stasiun yaitu Solobalapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, dan Tugu.

Relasi Solo-Jogja

Bila KCI menyebut ada 11 stasiun yang menjadi pemberhentian KRL Solo-Jogja, data yang dihimpun Solopos.com, Sabtu (5/11/2020), menyebutkan di relasi Solo-Jogja (Stasiun Solobalapan sampai Stasiun Tugu) memang terdapat 11 stasiun kereta api.

Harta Kekayaan Ahok Naik Hampir 2 Kali Lipat, Ini Datanya

Artinya besar kemungkinan semua stasiun kereta api di relasi Solo-Jogja akan dioperasikan semuanya. Berikut daftarnya:

- Stasiun Tugu Jogja

- Stasiun Lempuyangan Jogja

- Stasiun Maguwo (Bandara)

- Stasiun Brambanan (Prambanan, Klaten)

- Stasiun Srowot Klaten

- Stasiun Klaten

- Stasiun Ceper Klaten

- Stasiun Delanggu Klaten

- Stasiun Gawok Sukoharjo

- Stasiun Purwosari Solo

- Stasiun Solobalapan

Sementara itu, Direktur Operasi dan Pemasaran PT KCI, Wawan Ariyanto,  menyebut KRL Solo-Jogja akan memiliki waktu tempuh sekitar 68 menit.

Gujez Gujez.. Ini Video Uji Coba KRL Solo-Jogja

"Rute Jogja-Solo itu sekitar 60 kilometer. Jarak itu ditempuh KRL Solo-Jogja selama 68 menit. Pola KRL Solo-Jogja nanti berhenti di setiap stasiun selama satu menit. Kami pikir, satu menit sudah cukup untuk mendukung naik-turun penumpang di setiap stasiun," katanya.

Wawan mengakui uji coba KRL Solo-Jogja membutuhkan waktu lama. Tim terkadang sengaja mematikan listrik KRL di tengah perjalanan untuk mengetahui masalah yang mungkin timbul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya