KRL Klaten-Jogja Sempat Nyangkut di Kalioso, Uji Coba Operasional Terganggu?
Ilustrasi KRL Jabodetabek atau Commuter Line (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO -- Kereta rel listrik atau KRL yang akan digunakan untuk melayani rute Klaten-Jogja sempat mengalami insiden di Kalioso, Karanganyar.

KRL yang dibawa dari Depok, Jawa Barat menuju Kota Solo itu sempat tersangkut saat melewati jembatan di kawasan Kalioso, Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (30/10/2020) sore pukul 16.30 WIB.

Manager External Relations PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Adli Hakim, membenarkan perjalanan KRL dari Depok menuju Solo sempat terhenti di daerah Kalioso.

“Setelah cek di lokasi, perjalanan kereta tersebut bisa dilanjutkan kembali. KRL pasti akan dicek dan dilakukan perbaikan segera hingga kondisi siap operasi,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Jumat malam.

Siap-Siap Cek Rekening, BLT Subsidi Gaji Gelombang II Cair Awal November

Lantas apakah insiden yang dialami KRL Klaten-Jogja di Kalioso itu mengganggu rencana uji coba pada awal November?

Manajer Humas PT Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyatakan insiden yang terjadi di Kalioso sebagai catatan apa saja yang perlu diperbaiki sebelum KRL Solo-Jogja atau relasi Klaten-Jogja ini resmi beroperasi.

“Operasional KRL ini berbeda dengan kereta disel. Jalannya lebih cepat, tapi suaranya lebih halus. Jadi, masyarakat kami harap lebih berhati-hati saat melintas. Jangan bermain-main di lintasan kereta api dan perlintasan sebidang tanpa palang pintu,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, KRL relasi Klaten-Jogja dijadwalkan uji coba operasional pada awal November 2020.

Al Azhar Icon, Hunian Vertikal Modern Berkonsep Islami di Solo

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setyawan,mengatakan pihaknya telah merampungkan konstruksi tiang pancang, gardu listrik, serta kabel untuk jaringan listrik aliran atas (LAA) KRL khususnya relasi Jogja-Klaten. Begitu juga dengan suplai listrik dari PLN yang tinggal dinyalakan.

“Paling masih terhambat kabel PLN yang harus direlokasi. Kabel ini melintang di sepanjang trek jadi harus dibenahi dulu. Sekarang ini kami testing gardu dan peralatan kelistrikan jalur KRL,” ujarnya, saat dihubungi, Rabu (21/10/2020).

Nur menjelaskan pekerjaan fisik untuk jalur KRL Jogja-Solo ini sudah rampung 75%. Pada tahap pertama KRL bakal beroperasi dulu dengan relasi Klaten-Jogja. Sedangkan KRL relasi Jogja-Solo ditarget jalan akhir tahun ini.

Menakar Potensi Erupsi Merapi, Sedahsyat Apa?



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom