KRL Jogja – Solo Bakal Singgahi 11 Stasiun, Mana Saja?

Kereta rel listrik (KRL) yang bakal menggantikan kereta api (KA) lokal Prambanan Ekspres (Prameks) nantinya akan menyinggahi sebanyak 11 stasiun di lintas Jogja – Solo.

 
Jumpa pers PT KCI dan PT KAI Daops VI Yogyakarta terkait operasional
KRL Jogja-Solo di Goela Klopo, Solo, Kamis (8/10/2020). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

SOLOPOS.COM - Jumpa pers PT KCI dan PT KAI Daops VI Yogyakarta terkait operasional KRL Jogja-Solo di Goela Klopo, Solo, Kamis (8/10/2020). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO—Kereta rel listrik (KRL) yang bakal menggantikan kereta api (KA) lokal Prambanan Ekspres (Prameks) nantinya akan menyinggahi sebanyak 11 stasiun di lintas Jogja – Solo. KRL Jogja – Solo untuk tahap pertama ini yang dioperasikan terlebih dahulu adalah relasi Jogja – Klaten dengan masa uji coba pada awal November 2020.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Wawan Ariyanto, mengatakan KRL Jogja – Solo ditarget bisa beroperasi penuh pada awal 2021 mendatang. Menurutnya, pembangunan proyek KRL ini menyisakan relasi Klaten – Solo. Sementara relasi Jogja – Klaten tinggal menunggu elektrifikasi jaringan listrik aliran atas (LAA).

“Waktu tempuh KRL memang sama dengan KA lokal sekarang sekitar 82 menit, tapi kereta listrik ini akan melintasi dan naik turunkan penumpang di sebanyak 11 stasiun dari Jogja – Solo. Kalau sekarang ini KA Prameks hanya singgah di enam stasiun,” ujarnya, dalam jumpa pers, Kamis (8/10/2020) petang WIB.

Wawan menjelaskan 6 stasiun yang disinggahi KA Prameks saat ini adalah Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan. Sedangkan penambahan 5 stasiun yang pemberhentian KRL nanti, yakni Stasiun Brambanan, Srowot, Ceper, Delanggu, dan Gawok.

5 Hal Yang Sebaiknya Tidak Diceritakan Kepada Keluarga, Ini Alasannya

Menunggu Regulasi

Selain itu, tarif KRL Jogja - Solo tersebut kemungkinan sama dengan KRL Jabodetabek, yakni 1-25 kilometer (km) pertama seharga Rp3.000 lalu 10 km berikutnya Rp1.000, dan berlaku kelipatannya. Namun demikian, ketentuan harga tiket ini menunggu regulasi lebih lanjut. Di sisi lain, pembelian tiket kereta listrik ini hanya berlaku pembayaran nontunai (cashless) melalui dua macam e-ticket, yakni Kartu Multi Trip (KMT) dan Tiket Harian Berjamin (THB), plus kartu e-money yang dikeluarkan perbankan.

Di samping itu, kereta yang dipakai merupakan buatan dalam negeri dari PT Inka, KRL KfW. Menurutnya, KRL Jogja – Solo ini kebutuhannya 10 trainset, yang sudah siap 4 trainset.

“Soal jadwal nanti pada 2021 sesuai KA existing [KA lokal] dulu, kalau pada perkembangannya semakin banyak dan kapasitas lintasnya memungkinkan akan kami tambah. Tidak menutup kemungkinan kalau headway-nya seperti KRL Rangkasbitung, yakni 30 menit sekali [keretanya],” imbuhnya.

Gaya Puan Maharani Saat Berkebun Di Halaman Rumah

Uji Coba Awal Oktober

Senior Manager PT KCI Wilayah Daops VI, Dedy Setiawan, mengatakan sedianya KRL relasi Jogja - Klaten dijadwalkan uji coba pada awal Oktober ini. Namun demikian, rencana tersebut mundur sehingga nantinya pada 3 – 9 November 2020 uji coba tanpa penumpang terlebih dahulu. Setelah itu, pada 10 November uji coba dengan penumpang relasi Jogja – Klaten pergi pulang (PP). Menurutnya, uji coba ini direncanakan sebanyak 10 trip PP setiap hari.

“Jika kecepatan KA Prameks sekarang maksimal 70 km/jam, nantinya KRL akan jalan 90 km/jam. Daya tampung keretanya juga lebih banyak, sesuai aturan 1 meter ada 6 orang, jadi muatnya 1 kereta 200-an orang,” katanya.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, menambahkan pada masa transisi KA lokal ke KRL, KA Prameks bakal terus beroperasi.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pesantren Didorong Manfaatkan KUR dengan Subsidi Bunga 3%, Ini Tujuannya

Sebagai respons atas dampak pandemi Covid-19, Pemerintah melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) berusaha untuk membangkitkan aktivitas usaha UMKM.

Mudah Kok, Ini 6 Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok

Tidak hanya untuk iseng atau bersenang-senang, aplikasi populer Tiktok dengan durasi video pendek ini juga bisa menghasilkan uang secara online.

Pengumuman! PLN Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya

Program PLN yang menawarkan diskon tambah daya kepada para pelanggannya ini diluncurkan untuk menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

Jangan Sampai Jadi Korban, Ini Tips Terhindar dari Penipuan Arisan Online

Saat ini banyak orang yang menggunakan tameng arisan online sebagai modus penipuan yang menimbulkan banyak korban.

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Menjelang Hari Batik Nasional, Pisalin bekerja sama dengan Joli Jolan mengadakan aksi solidaritas  Pisalin Joli Jolan Batik Lawas.

Kompak Turun! Berikut Harga Emas Pegadaian Jumat, 17 September 2021

Jelang akhir pekan, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/9/2021) untuk cetakan UBS dan Antam serentak turun dibandingkan dengan harga kemarin.

Catat, Penonton Bioskop Harus Sudah Vaksin Lengkap

Sejumlah bioskop di Soloraya kembali beroperasi pada Kamis (16/9/2021). Meskipun demikian, pengunjung mesti mematuhi aturan agar bisa nonton film di layar lebar.

Tumbuh Signifikan, Transaksi Saham di Soloraya Tembus Rp3,369 Triliun

Jumlah investor dan nilai transaksi di pasar saham Soloraya melejit signifikan pada 2021. Bahkan, nilai transaksi saham ini tembus Rp3,369 triliun pada Agustus 2021.

Susul Solo dan Jakarta, Pengguna Indosat Ooredoo di Surabaya Bisa Nikmati 5G

Indosat Ooredoo bermitra dengan Nokia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Oulu Finlandia, meluncurkan Nokia 5G Experience Center

 Indosat (ISAT) dan Tri Bergabung Dirikan Indosat Ooredoo Hutchison

Merger ISAT dan Tri disepakati oleh masing-masing induk usaha melalui penandatanganan transaksi definitif untunk penggabungan bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan nama Indosat Ooredo Hutchison.