SOLOPOS.COM - Rangkaian Kereta rel listrik (KRL)yang akan digunakan untuk relasi Jogja-Klaten. (Istimewa/Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah)

Solopos.com, SOLO -- Kereta rel listrik atau KRL Jogja-Klaten akan menjalani uji coba selama enam hari mulai Selasa (3/11/2020) hingga Minggu (8/11/2020). Uji coba tahap awal ini bakal melintasi jalur Klaten-Brambanan pergi pulang (PP) terlebih dahulu.

Sebelumnya, proyek Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan infrastruktur dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah ini menyisakan relokasi kabel listrik PLN yang melintang sepanjang trek.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setyawan, mengatakan uji coba ini secara bertahap per stasiun. Hal ini bertujuan mengetes kestabilan daya listrik pada masing-masing petak hingga mengecek kemampuan masing-masing stasiun.

Dokter RS Swasta Sukoharjo Meninggal Positif Covid-19, 8 Hari Kemudian Suami Menyusul

“Kami uji coba KRL bertahap. Pertama relasi Stasiun Klaten-Srowot terlebih dahulu, lalu lanjut Klaten-Brambanan. Jika lancar dan sesuai jadwal, pekan depan kami coba Klaten-Jogja,” ujarnya kepada Solopos.com, Senin (2/11/2020).

Nur menjelaskan pada Rabu (28/10/2020) telah melakukan uji coba antarjalur emplasement Stasiun Klaten. Kini tinggal menyesuaikan jadwal perjalanan KA Klaten-Jogja untuk kembali mengetes KRL dengan relasi yang lebih jauh.

Ia mencontohkan uji coba pertama pada relasi Klaten-Srowot PP terlebih dahulu. Setelah itu KRL kembali jalan menguji trek Klaten-Brambanan.

13 Pasien Covid-19 RSUD dr Moewardi Solo Mendapat Terapi Plasma Konvalesen, Bagaimana Hasilnya?

Menurutnya, trek sudah tidak ada masalah. Uji coba ini untuk mengetes kemampuan KRL, kestabilan suplai listrik dari PLN ke gardu lalu ke jaringan LAA KRL.

Menjajal Kemampuan Trainset

Kemudian menjajal kemampuan trainset KRL. Total ada tiga trainset, namun hanya dua trainset yang akan menjalani uji coba. Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Sopandi, mengatakan KRL Jogja-Solo dalam tahap uji coba teknis, integrasi sistem, dan belum operasional pelayanan.

Menurutnya, uji coba itu dilakukan per petak trek yang sudah rampung. “Tahap awal rencana Klaten ke Prambanan, sementara jadwal menyesuaikan kebutuhan teknis. Kami berharap saat uji coba ini jaringan listrik aliran atas [LAA] atau sinyal dapat berfungsi dengan baik dan selaras dengan sistem KRL,” katanya.

Solo Tambah 38 Kasus Positif Covid-19 Pada Akhir Pekan, 14 Orang Dari Uji Swab Mandiri

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengingatkan masyarakat mesti berhati-hati saat melintasi perlintasan sebidang khususnya yang tanpa palang pintu pada ruas Klaten-Brambanan selama masa uji coba KRL.

“Operasional KRL ini berbeda dengan kereta diesel. Jalannya lebih cepat, tapi suaranya lebih halus. Jadi, masyarakat kami harap lebih berhati-hati saat melintas. Jangan bermain-main pada lintasan kereta api dan perlintasan sebidang tanpa palang pintu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya