SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Google/ id.merbabu.com)

Ilustrasi (Google/ id.merbabu.com)

Yogyakarta (Solopos.com)–Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka Yogyakarta menyiapkan dua unit perahu katamaran sebagai atraksi wisata baru pada libur panjang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami sudah memesan sejak dua bulan lalu, tetapi baru selesai satu unit, sedangkan yang satu lagi masih menunggu,” kata Direktur KRKB Gembira Loka, Joko Tirtono di Yogyakarta, Sabtu (11/6/2011).

Menurut Joko salah satu perahu katamaran atau perahu berlambung dua itu sudah akan dioperasikan pada Minggu (12/6/2011) dengan tiket seharga Rp 10.000 per orang.

Perahu tersebut akan dijalankan dengan rute dua kolam di Gembira Loka dan satu kali perjalanan akan menempuh rute sepanjang satu kilometer dalam waktu 15 hingga 20 menit.

Pengadaan satu unit kapal katamaran yang berkapasitas 45 orang itu menelan dana sebesar Rp 500 juta.

Selain kapal katamaran, pengelola Gembira Loka juga terus melakukan perbaikan wahana Mayang Tirta di tengah kolam utama yang rusak akibat gempa bumi pada 2006.

“Diharapkan pada Juli 2011 sudah selesai, dan fungsinya akan ditingkatkan, tidak hanya ruang pamer,” imbuh Joko.

Mayang Tirta, lanjut dia, akan digunakan sebagai ruang pertemuan, restoran dan panggung hiburan.

“Perbaikan ini dilakukan untuk menghadapi libur Lebaran, karena biasanya pengunjung yang datang cukup banyak,” jelasnya.

Sementara itu, pada 2012 Gembira Loka juga akan membangun taman burung serta kereta keliling kebun binatang setempat.

Joko menyebutkan waktu efektif bagi Gembira Loka untuk menggaet pengunjung sebanyak-banyaknya adalah hanya dalam waktu 90 hari selama satu tahun, yaitu pada saat libur.

“Gembira Loka juga sangat tergantung dari penjualan tiket sebagai pendapatan, dan karena itu, waktu efektif tersebut harus dimaksimalkan,” terangnya.

(Antara/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya