Jerinx SID (Instagram_@jrxsid)

Solopos.com, SOLO – Via Vallen sebenarnya termasuk salah satu penyanyi dangdut yang cukup kreatif. Dia sering kali meng-cover lagu milik musisi lain dengan gayanya yang khas. Tak jarang, gayanya menyanyikan lagu tersebut justru lebih viral ketimbang si penyanyi aslinya.

Via Vallen sering mengunggah video cover lagu dari grup musik ternama Tanah Air lewat channel Youtube-nya. Sayangnya, tindakan Via Vallen ini menyulut emosi si pemilik lagu asli yang di-cover-nya, yakni Superman Is Dead (SID).

Personel SID, Jerinx, mengkritik aksi Via Vallen yang seenaknya membawakan lagu grup band-nya tanpa izin. Kritikan itu disampaikan karena Via Vallen diketahui sempat membawakan lagu milik SID, Sunset di Tanah Anarki, yang cukup populer.

Sayangnya, ada beberapa orang yang menganggap penabuh drum SID tersebut mencari panggung karena mengkritik Via Vallen. Anggapan tersebut membuat Jerinx SID risih sehingga langsung ditanggapi dengan tegas.

"Mungkin banyak pertanyaan. Kenapa baru sekarang saya sentil Via Vallen? Simpel, karena album SID yang baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yang sangat mungkin dijadikan versi dangdut atau koplo. Jika kami diamkan, bisa jadi Via Vallen atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi, memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut," tegas Jerinx SID melalui akun Instagram pribadinya, @jrxsid, Minggu (11/11/2018).

Kekesalan Jerinx SID muncul setelah melihat transformasi Via Vallen. Dulu Via Vallen hanyalah pedangdut daerah. Namun, berkat kerja keras, Via Vallen sukses menjadi pedangdut papan atas. Sayangnya, bagi Jerinx Via Vallen belum bisa mengapresiasi karya orang lain. Dia menilai kesuksesan Via Vallen tak lepas dari karya musisi lain yang dicomot seenaknya.

"Posisinya saat ini Via Vallen harusnya sudah belajar jadi manusia. Jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini, nyanyi Sunset di Tanah Anarki ribuan kali, lirik lagu kami enggak ada artinya bagi dia? Setelah sukses, apa yang kamu bisa lakukan untuk mengapresiasi karya yang membawamu ke tempat yang lebih baik? Dengan followers berjuta, minimal berkontribusilah untuk gerakan melawan lupa. Ada banyak sekali hal yang bisa Via Vallen lakukan tanpa harus keluar duit," sambung Jerinx SID.

Hal lain yang membuat Jerinx kesal adalah caranya memanfaatkan karya SID untuk memperkaya diri. Dia menilai hal yang demikian sangat menjijikkan dan tidak sepantasnya dilakukan musisi papan atas.

"SID sudah pasti akan bangga jika Via Vallen, atau siapa pun yang hidup dari karya SID, manfaatkan fame-nya untuk cinta yang lebih besar. Bukan hanya untuk memperkaya diri dan keluarganya. Ini yang membuat saya marah. Selama ini, nyanyi Sunset di Tanah Anarki apa ya yang ada di dalam kepalanya? Lagu ini pesannya besar, sungguh humanis, pun disampaikan dengan lirik dan video klip yang sangat literal. Wajar saya merasa mereka dengan sadar merendahkan substansi lagu ini atas nama popularitas semata. Itu sangat manipulatif dan menjijikkan," tuturnya.

Meski merasa marah dan kecewa, Jerinx dan personel SID lainnya tidak akan menuntut apa pun dari Via Vallen atau penyanyi lain yang pernah memakai karya SID untuk melanggengkan kehidupan. Hanya saja, Jerinx berharap para penyanyi lebih bijak dalam menggunakan karya SID.

"SID bukan cuma band. Kami lebih besar dari hiburan. Uang, fame, rupa, bukanlah segalanya. Ada hal yang lebih tinggi bernama integritas," tutup Jerinx.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten