SOLOPOS.COM - Gambar satelit yang menunjukkan deretan jet tempur Rusia di dekat perbatasan Ukraina-Rusia. (Istimewa/CNN/Digital Globe)

Solopos.com, BRUSSELS — NATO merilis foto-foto satelit yang menunjukkan mobilisasi kekuatan militer Rusia secara besar-besaran di perbatasan timur Ukraina. Dalam foto itu, terlihat deretan jet tempur, tank, artileri, dan ribuan pasukan yang bersiap menginvasi dalam 12 jam.

Seperti dilaporkan CNN, Sabtu (12/4/2014), foto-foto tersebut membuktikan apa yang dikhawatirkan para pemimpin negara-negara barat bahwa Rusia segera menginvasi bagian timur Ukraina. Hal ini bertentangan dengan pernyataan Rusia yang mengaku menarik mundur pasukannya dari perbatasan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Barisan tank dan artileri Rusia di dekat perbatasan Ukraina-Rusia (Istimewa/CNN/Digital Globe)

Barisan tank dan artileri Rusia di dekat perbatasan Ukraina-Rusia (Istimewa/CNN/Digital Globe)

Menurut Digital Globe, sebuah perusahaan citra satelit, gambar-gambar tersebut diambil dalam jangka waktu 22 Maret hingga 2 April 2014. Dalam gambar itu, tampak belasan jet tempur, helicopter, dan pasukan infantri yang belum pernah terlihat di tempat tersebut sebelumnya

NATO memperkirakan ada 40.000 pasukan Rusia yang menyebar di berbagai lokasi sepanjang perbatasan Ukraina. NATO juga telah melihat ada lebih dari 100 titik di mana kekuatan Rusia terlihat.

Lokasi yang terdeteksi dalam foto itu berada di dekat Novocherkassk, sekitar 50 km dari batas timur Ukraina. Seorang peneliti di RUSI (sebuah lembaga strategi keamanan), mengatakan hal ini menunjukkan Russia sedang mempersiapkan serangan besar-besaran.

Sementara itu, para pakar militer memperkirakan peralatan militer yang terekam satelit tersebut hanya sebagian. Diduga pasukan Rusia yang bersiaga di perbatasan Rusia-Ukraina jauh lebih besar dari yang tampak dalam foto satelit itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya